PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI KELAS XI SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT

  • DENI HARTANTO STKIP AL MAKSUM
Kata Kunci: Media Interaktif, Sejarah

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan media interaktif berbasis Wordwall dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar Sejarah di kelas XI SMA Swasta Persiapan Stabat. Media pembelajaran Wordwall diimplementasikan sebagai strategi inovatif untuk memperkaya pengalaman pembelajaran siswa. Media interaktif adalah suatu bentuk alat atau teknologi yang memungkinkan interaksi dua arah antara pengguna dan media tersebut. Dalam konteks pendidikan, media interaktif sering kali digunakan sebagai sarana untuk memfasilitasi pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa. Keunggulan media interaktif terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Media ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran individu, memungkinkan pengalaman pembelajaran yang lebih personal dan relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan penelitian melibatkan siswa kelas XI di SMA Swasta Persiapan Stabat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Siswa menunjukkan respons positif terhadap penggunaan media interaktif ini, yang memberikan mereka pengalaman belajar yang lebih menarik dan partisipatif. Selain itu, Wordwall membantu membangun suasana kelas yang kolaboratif dan mendorong diskusi antar siswa. Temuan ini memberikan implikasi positif terhadap pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi dalam konteks pembelajaran sejarah di tingkat Sekolah Menengah Atas.

Referensi

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.
Aprilia, W., Jamhuri, M., Yusuf, A., & Hadi, M. N. (2023). Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1441-1448.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Caesariani, N. A. (2018). Pemanfaatan Multimedia Interaktif pada Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 832-840.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan motivasi belajar dengan konsep diri. Prosiding Seminar Nasional, 0291, 280–286.
Hartanto, D. (2022). Representasi Penguatan Identitas Budaya pada Mahasiswa Melalui Pendidikan Sosial Budaya di STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Berbasis Sosial, 2(1), 69-79.
Jennah, Rodhatul, 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press
Kabun, n. I. (2023) Pengaruh media interaktif berbasis Wordwall terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS Sma Negeri I Kabun. PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia Volume 8 Nomor 3 bulan September 2023. P. 321 – 331
Rajagukguk, K. P., Hartanto, D., & Putra, A. N. (2023). Pelatihan Teknologi dan Digitalisasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 8-13.
Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Articles