Pengembangan Model Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran

  • Kiki Pratama Rajagukguk
  • Nurul Hasanah STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Kata Kunci: Model, Digitalisasi, Perangkat Pembelajaran, Teknologi

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D) atau penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan meliputi: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Ajar Siswa (BAS), Assesmen, dan media pembelajaran berbasis digital. Pengembangan berbasis Model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subjek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran, yang di uji cobakan pada siswa SD Negeri 058424 Sei Gelugur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis validitas perangkat pembelajaran. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran, meliputi silabus, RPP, BAS, LKS, Tes pengetahuan, dan Media. Analisis keefektifan perangkat menggunakan analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar, analisis respon siswa dan analisis kendala pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi validitas silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Siswa (BAS), Lembar Kerja Siswa (LKS), asesmen, serta media wondershare filmora berdasarkan hassil validasi dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 2) Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama tiga kali pertemuan termasuk dalam kategori sangat baik.

Referensi

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Ahmad, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi: Akar Revolusi Dan Berbagai Standarnya. Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149.
Amelia, D., Setiaji, B., Primadewi, K., Habibah, U., Lounggina, T., Peny, L., Rajagukguk, K. P., Nugraha, D., Safitri, W., Wahab, A., Larisu, Z., Setiaji, B., & Dharta, F. Y. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Anistyasari, Y., & Fazain, F. R. (2022). Pengaruh Video Based Learning Terhadap Kemampuan Pemrograman Dasar. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 4(2), 44–51. https://doi.org/10.26740/jvte.v4n2.p44-51
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek,. Jakarta: Rineka Cipta.
Gani, A. G. (2018). e-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan. Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 3(1), 1–19.
Gunawan, Suranti, N. mAde Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.
Hake, R. (1991). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Indiana University.
Hasanah, N., Purba, A., & Rajagukguk, K. P. (2021). The Development of LKPD Multimedia using Problem-Based Learning Model to Improve Critical Thinking Ability of Elementary School Students. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 6813–6820. http://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/2501
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Hidayati, S. U., & Maslikhah, M. (2022). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle pada Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas IV MI Mangunsari Salatiga. QualityQuality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 10(2), 307–324. https://doi.org/10.21043/quality.v10i2.15665
Husnussaadah. (2021). Strategi Pembelajaran E-learning di Era Digitalisasi. Iqra: Jurnal Magister Pendidikan Islam, 1, 10–16. https://doi.org/10.26618/iqra
Kaitelapatay, B. G., Latuny, J., Artomo, H., & Pratiwi, N. E. (2022). Pelatihan Digitalisasi Media Pembelajaran kepada HIMPAUDI Wilayah Salatiga. Pelatihan Digitalisasi Media Pembelajaran Kepada HIMPAUDI Wilayah Salatiga, 2(2), 426–435.
Permendikbud No. 53 Tahun 2015.
Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2022). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Digitalisasi Pembelajaran. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.49
Novianti, Y., Lubis, R. R., Rajagukguk, K. P., & Togue, N. D. F. (2022). The Advancement of Audio Visual Technology Based Educational Materials for Social Studies. 10(1), 23–42.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194
Puspaningrum, C., Syahputra, E., & Surya, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.27147
Rajagukguk, K. P. (2019). Pengembangan Media Adobe Flash Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Sintaksis, 1(1), 1–7.
Rajagukguk, K. P. (2022). Problematika Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 9(1), 192–197. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/939
Rajagukguk, K. P., & Rambe, N. (2022). Pengembangan Media Interaktif Ipa Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ESJ : ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 12(3), 217–226.
Rambe, T., & Rajagukguk, K. P. (2021). Development of Science Thematic Learning Media Discovery Learning Model Based on Science, Technology and Society (STM). MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 13(2), 164–180. https://doi.org/10.18326/mdr.v13i2.164-180
Sakti, H. G., & Mustamiin, M. Z. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Model Linktree Untuk Membantu Para Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Di MA Al-Akhyar Labuapi Lombok Barat. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 21–25.
Sihotang, H. (2020). Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46305/im.v1i2.16
Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan/ Research And Development. Bandung : Alfabeta CV.
Suhendri, H., Mailizar, M., Ningsih, R., & Retnowati, R. (2020). Analisis Literasi Teknologi Informasi Guru Matematika SMK Swasta Jakarta Selatan Ditinjau dari Aspek Manajemen Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(2), 291. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i2.2116
Sukmawati, E., Fitriadi, H., Pradana, Y., Trustisari, H., & Wijayanto, P. A. (2022). Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. In Global Eksekutif Teknologi (Vol. 6, Issue 2). Batam : Cendikia Mulia mandiri.
Trinata, R., & Dewi, T. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fotonovela Berbentuk Flashcard Pada Materi Kebutuhan Kelas X Ips Sma Muhammadiyah 2 Metro. Economic and Education Journal (Ecoducation), 2(1), 26–41. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v2i1.749
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Articles