Penerapan Model Project Based Learning Menggunakan Media Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

  • Neneng Sri Lestari STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Kata Kunci: Project Based Learning,Canva,Bahasa Inggris

Abstrak

Belajar bahasa Inggris sangat penting karena bahasa Inggris digunakan secara internasional. Sebagian besar pengetahuan tentang sains dan teknologi tinggi ditulis dalam bahasa Inggris. Karena itu, bahasa Inggris yang diajarkan sebagai bahasa asing di Indonesia menjadi mata pelajaran wajib di SMP, SMA, dan Universitas. Siswa kurang kreatif dalam pelajaran Bahasa Inggris sehingga dibutuhkan media yang tepat untuk meningkatkan kreatifitas siswa SMK Al Maksum Stabat. Aplikasi Canva adalah media yang tepat untuk meningkatkan kreatifitas Siswa. Topik penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva untuk meningkatkan kreatifitas siswa SMK Al Maksum Stabat pada mata pelajaran bahasa inggris. Dengan Tujuan untuk meningkatkan Kreatifitas siswa dalam Berbahasa Inggris melalui penerapan media pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva. Tahapan Metode Penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat saat pre-test, siklus I dan siklus II yaitu 16.67, 51.34 dan 85 serta persentasi keberhasilan siswa yang meningkat dari 0%, 46.67%, hingga 100%. Hasil lembar observasi dan kuesioner juga membuktikan bahwa model pembelajaran Project Based Learning menggunakan media Canva secara signifikan berhasil meningkatkan kemampuan mereka pada mata kuliah Bahasa Inggris.

Referensi

Arikunto, S., 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta..
Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1-10.
Gladdol, David.1997. The Future of English.London:British Concil.
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 7(2, Oktober), 80-89. 4
Kemmis, S., Mc. Taggart, R., & Retallick, J. 2004. The Action Research Planner, 2nd ed.rev. Karachi: Aga Khan University, Institute for Educational Development.
Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, (50).
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3).
Munir, 2012. Pembelajaran Jarak Jauh: Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327..
Noverita, A., & Siregar, Z. (2020). Hubungan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Oleh Guru Geografi pada Materi Bumi dan Jagad Raya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Berbasis Sosial, 1(2), 19-25.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra indonesia jenjang sma/ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.
Pontoh, G. H., Pua, C., Langi, H. S., & Waroh, A. (2018, October). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Manado. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 9, pp. 802-804).
Rahmadhani, M., & Lestari, N. S. (2021). SHARING FOR CARING: BERSAMA BERBAGI ILMU DAN MANFAAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI GAMES. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41-51.
Saukah, A. (2003). Pengajaran bahasa Inggris di Indonesia: Tinjauan terhadap unjuk kerja pembelajar serta upaya peningkatannya. Malang, Indonesia: Departemen Pendiddikan Nasional-Universitas Negeri Malang.
Susanti, R. (2002). Penguasaan kosakata dan kemampuan membaca bahasa inggris. Jurnal pendidikan penabur, 1(1), 87-93.
Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Articles