KAJIAN LITERATUR TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Nurhamimah Rambe STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Muhammad Fadli STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Muhammad Yazid STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Sharoma Husni STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kajian literatur. Yang mengkaji tentang penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada siswa di sekolah dasar. Tuntunan proses pembelajaran semakin tinggi seiring dengan perkembangan zaman. Dan guru diharapkan untuk dapat menginovasi pembelajaran dengan menyisipkan teknologi dalam proses pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih mudah memahami pembelajaran sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran merupakan suatu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh seseorang untuk mempermudah dalam penyampaian materi ketika proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang dibutuhkan pada era ini yaitu media pembelajaran berbasis digitalData yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder.  Data sekunder merupakan data yang diperoleh tidak secara pengalaman langsung, tetapi hanya dari hasil penelitian terlebih dahulu. Data sekunder yang dimaksud adalah jurnal ilmiah yang sudah dipublikasi. Dari 68 artikel yang sudah dipublikasi hanya 20 artikel yang sesuai dengan variabel penelitian. 20 artikel tersebut sudah dipublikasi pada tahun 2019-2022. Diharapkan dengan penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada siswa di sekolah dasar.

Referensi

Anggraeni Wulan Sri, Alpian Yayan, Prihamdani Depi, Winarsih Euis, (2021), Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 5 (6), 5313-5327.
Arina Dina, Mujiwati Sri Endang, Kurnia Ita, (2020), Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasars, Prima Magistra:Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (2), 168-175.
Aprianty Dian, Somakim Somakim, Wiyono Ketang, (2021), Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Materi Persegi Panjang dan Segitiga di Sekolah Dasar, Sekolah Dasar:Kajian dan Teori Praktik Pendidikan, 30 (1).
Audhiha Miftah Febliza Asyti, Afdal Zul, MZ Amir Zubaidah, Risnawati Risnawati, (2022), Pengembangan multimedia interaktif matematika berorientasi kearifan local kelas 3 sekolah dasar negeri 1 paket agung, Jurnal Basicedu, 6 (1), 1086-1097.
Audhiha Miftah, Febliza Asyti, Afdal Zul, MZ Amir Zubaidah, Risnawati Risnawati, (2022), Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Basicedu, 6 (1), 1086-1097.
Dewi Ratna Santi, Haryanto Haryanto, (2019), Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar, Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9 (1).
Donna Rama, Egok Sukenda Asep, Febriandi Riduan, (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 5 (5), 3799-3813.
Febrianti Putri Ayu, Susanti Rahayu Nyamik, Gutama Andika, (2021), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD, Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5 (1), 588-597
Illahi Rahma Ayu Tiara, (2018), Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran materi jenis-jenis pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4 (3), 826-835.
Lubis Ramadhani Renni, Rambe Nurhamimah, (2021), Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Guru SD Swasta PAB 10 SAMPAL, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 86-94.
Mukmin Amirul Bagus, Primasatya Nurita, Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (2), 211-22.
Mukmin Amirul Bagus, Zunaidah Nurlaila Farida, (2018), Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri, Jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5 (2), 145-158.
Nafi'a Ilman Zidni Muhammad, Degeng Sudana Nyoman I, Soepriyanto Yerry, (2020),Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perkembangan Kemajuan Teknologi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (3), 272-281.
Nata Wisnu Kadek I, Putra Semara Ngr Kt DB, (2021), Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2), 227-237
Oktafiani Dian, Nulhakim Lukman, Alamsyah Pamungkas Trian, (2020), Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV, Mimbar PGSD Undiksha, 8 (3), 527-540.
Sadikin Ali, Johari Asni, Suryani Lili, (2020), Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0 Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5 (01), 18-28.
Pratama Nur Andriyan, Batubara Husein Hamdan, (2021), Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi penerapan nilai-nilai pancasila, Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4 (2), 157-168.
Prasetya Nur Wahyu Yama Ade, Kuswandi Dedi, (2018), Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Kelas IV Sekolah Dasa, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3 (11), 1423-1427.
Sintya Rindayu Yuke, Sutadji Eddy, Djatmika Tri Ery, (2020), Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas v sekolah dasar, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5 (8), 1105-1114.
Syawaluddin Ahmad Fauzi, Siregar Syahputra Jailani, Megawati Betti, Samsir Samsir, (2021), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Melakukan Sholat Siswa Sekolah Dasar, AT-TA'DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 39-47.
Diterbitkan
2022-04-30
Bagian
Articles