PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 STABAT

  • Diah Kesumawati STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Kata Kunci: Kata kunci : Pengaruh Hasil Belajar Biologi, Strategi Pembelajaran, Discovery Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok keseimbangan lingkungan di SMA Negeri 1 Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas X SMAN 1 Stabat, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 151 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini didesain atau dirancang dengan dilakukannya pre-tes dan post-test, perlakuan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran belajar menemukan (Discovery Learning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata dari pre test dan post test.  dari data pre-test diperoleh nilai rata-rata  = 57,4 dengan simpangan baku (SD) dari pre-test 8,83. Sedangkan dari post-tes diperoleh nilai  rata-rata  = 76,4 dengan simpangan baku (SD) dari post-test 9,44. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung  18,07 dan ttabel  1,69 dengan demikian maka thitung > ttabel yaitu 18,07 > 1,69. Sehingga dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak artinya, terdapat pengaruh  hasil belajar siswa yang signifikan menggunakan Strategi Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Keseimbangan Lingkungan di SMAN 1 Stabat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok keseimbangan lingkungan di SMA Negeri 1 Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas X SMAN 1 Stabat, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 151 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini didesain atau dirancang dengan dilakukannya pre-tes dan post-test, perlakuan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran belajar menemukan (Discovery Learning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata dari pre test dan post test.  dari data pre-test diperoleh nilai rata-rata  = 57,4 dengan simpangan baku (SD) dari pre-test 8,83. Sedangkan dari post-tes diperoleh nilai  rata-rata  = 76,4 dengan simpangan baku (SD) dari post-test 9,44. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung  18,07 dan ttabel  1,69 dengan demikian maka thitung > ttabel yaitu 18,07 > 1,69. Sehingga dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak artinya, terdapat pengaruh  hasil belajar siswa yang signifikan menggunakan Strategi Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Keseimbangan Lingkungan di SMAN 1 Stabat.

Referensi

Arikunto, Suharsini. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Azhar, P. C. 2019. Hubungan Kesejahteraan Psikologis Dengan Kompetensi Guru Di Yayasan Haji Maksum Abidin Shaleh Stabat. Jurnal Sintaksis, 1(1), 6-6.

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Illahi, Muhammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strataegi Dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press.

Karmana, Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Bandung: Grafindo Media.

Leo, Sutanto. 2010. Kiat Jitu Menulis Dan Menerbitkan Buku. Jakarta: Erlangga.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahadjo, Mulyo Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar Dan Microteaching. Ciputat: Quantum Teachin

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Siregar, Z., & Lubis, E. L. S. 2021. PENERAPAN PEMBELAJARAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI STKIP AL MAKSUM LANGKAT. Jurnal Sintaksis, 3(1), 41-48.
Siregar, Z., Darliana, E., Novianti, Y., Habib, M., Mashuri, K., Azhar, P. C., ... & Sadri, M. 2021. SOSIALISASI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGAJAR SISWA DI SMK AL MAKSUM 2 PULAU KAMPAI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 102-109.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Konsep, Landasan dan Implikasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Diterbitkan
2021-12-31
Bagian
Articles