PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Trysanti Kisria Darsih STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Muhammad Sadri STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Azri Ranuwaldy Sugma STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Pradana Chairy Azhar STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa, Covid-19

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL SMK Al Ikhlas Pangkalan Susu berjumlah 71 orang sebagai responden. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan metode sensus, maka seluruh populasi menjadi sampel. Data yang diolah adalah data primer diperoleh dengan cara mengolah data kuisioner yang diisi oleh 71 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring dan motivasi secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dimasa pandemi covid-19. Secara simultan pembelajaran daring dan motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dimasa pandemi covid-19.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.
Astuti, P., & Febrian, F. 2019. Blended Learning Syarah: Bagaimana penerapan dan persepsi mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119. https://doi.org/1031629/jg.v4i2.1560
Ferzona, S., & Suryanti. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Chemistry. Vol.2. No.2 Tahun 2017. https://journal.uir.ac.id/index.php/jrec/article/download/5826/2834/
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Khan, Salman. (2012). The One World Schoolhouse. In Hachette Book Grup. https://doi.org/10.1111/edth.12072
Naserly, M. K. (2020). Implementasi zoom, Google Classroom, dan Whatshapp Grup Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus pada 2 kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165
Novalinda, Eri. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 11. Nomor 2 Tahun 2017. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/6456/4707
Nunnaly, J. dan Bernstain, IH.(1994). Psychometric Theory. New York. McGraw- Hill
Oknisih, N., &Suyoto, S. (2019). PENGGUNAAN APLEN (APLIKASI ONLINE) SEBAGAI UPAYA KEMNADIRIAN BELAJAR SISWA. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (Vol.1, no/1)
Purwanto, Ngalim. (1985). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sadri, M. (2019). Kompetensi Pedagogik Dosen dan Prestasi Akademik Mahasiswa. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(2), 162-172.
Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L. (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications Third Edition. New Jersey: Pearson Education.
Siregar, Z., & Lubis, E. L. S. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI STKIP AL MAKSUM LANGKAT. Jurnal Sintaksis, 3(1), 41-48.
Stein, R. (2020). COVID-19 and Rationally Layered Social Distancing. International Journal of Clinical Practice. https://doi.org/10.1111/ijcp.13501
Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya
Sun, P.C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008) What drives a successful eLearning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computer and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.11.007
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).
Szpunar, K. K., Moulton, S.T., & Schacter, D. L. (2013). Mind Wondering and Education: From the classroom to online learning. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495
Worldometer. (2020). COVID-19 CORONAVIRUS PANDEMIC. https://www.worldometers.info/coronavirus. Diakses tanggal 24 April 2020.
Tirto.Id. (2020). Daftar E-Learning Kemendikbud, Sekolah Online untuk mencegah Corona. https://tirto.id/daftar-e-learning-kemendikbud-sekolah-online-untuk-mencegah-corona-eFrR. Diakses tanggal 24 April 2020.
Diterbitkan
2021-12-31
Bagian
Articles