KAJIAN LITERATUR TENTANG KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERITA DI KELAS RENDAH

  • Renni Ramadhani Lubis STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Kata Kunci: kajian literatur, kemampuan menyimak, metode cerita

Abstrak

This study aims to describe the literature review of listening skills using the story method in low grades. This study uses qualitative research methods using a literature review approach. The research stages were carried out by means of article collection, article reduction, article display, discussion, and drawing conclusions. The sources of data obtained in this study are articles in national journals in 2019-2021. The results showed 15 articles in accordance with the topic of the title of listening skills using the story method in low grades, the implementation was in accordance with the theories that had been used as references. Listening skills using the story method in low grades can increase interest in learning and student learning outcomes in lower grades.

Referensi

Anderson, R. C. 1972. Language Skills in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Co, Inc.
Anggraeny, N. R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar pada Anak Usia Dini. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 5(1), 37-44.
Azhari, A., Darmiany, D., & Husniati, H. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN 1 Sakra Selatan. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 1(1).
Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, 2(1), 7-11.
Azizah, 2015. Kecerdasan emosional/ emotional intelegent EQ http://azizahdreams.blogspot.co.id/2015/05/kecerdasanemosionalemotional.html, diakses tanggal 20 Februari 2016.
Fadillah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Rosdakarya. Bandung.
Harjanty, R., & Muzdalifah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Bigbook Terhadap Kemampuan Menyimak Anak. Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 2 (2), 29-34.
Hasmawaty, H. (2020). Kemampuan Menyimak Anak Melalui Kegiatan Bercerita (Studi Kasus Pada Taman Penitipan Anak Athirah Makassar). Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1 (1), 55-68.
Iskandarwassid & Sunendra, D. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Adam , Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Nurhayati, N. (2020). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Sd Negeri Sarireja 1 Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang. Jpg: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 3 (1), 108-118.
Perdana, D. C., Waspodo, M., & Madjid, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Bicara Menggunakan Metode Bercerita Di TK Islam Al Azhar 27. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9 (2), 207.
Puspayanti, dkk. 2013. “Pengaruh Pendekatan SAVI Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara”. Jurnal MIMBAR PGSD Volume 1 Nomor 1. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Rahmat, A. S., & Sumira, D. Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Dasar Melalui Metode Mendongeng Interaktif Komunikatif. Jurnal Pendidikan Anak, 6 (1), 10-20.
Saddhono Kundharu, Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. (Yogyakarta: Graha Ilmu).
Saodi, S., Irmayani, A., & Parwoto, P. (2021). Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Smart KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3 (1), 19-27.
Sari, D. P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara melalui Metode Bercerita dengan Bantuan Media Audio. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1 (1), 21-31.
Saptawuni, E. (2021). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Informasi Hasil Pengamatan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7 (4), 1958-1964.
Setiani, Y., Mulyana, E., & Nafiqoh, H. (2021). Mengembangkan Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kober Alamanda Melalui Metode Bercerita. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(3), 296-301.
Tim Redaksi KBBI PB. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Utami, R. D., Munisa, M., & Harahap, A. S. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dan Kemampuan Menyimak Pada Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 273-300.
Diterbitkan
2021-12-31
Bagian
Articles