PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Nurul Hasanah STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Elfi Lailan Syamita Lubis STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Kata Kunci: Model Inkuiri, Konvensional, Keterampilan Proses Sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing, inkuiri bebas termodifikasi dan konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tematik tema I materi Organ Gerak Hewan dan Manusia di SD Negeri 0050764 Gebang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan populasi terdiri dari 3 kelas paralel. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling, dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen I, VB eksperimen II, dan VC sebagai kontrol. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANACOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS 23.00 for windows. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan berganda. Hasil analisis data diperoleh model inkuiri terbimbing lebih baik dari model inkuiri bebas termodifikasi dan model konvensional: (1) keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dengan rata-rata 87,62 lebih baik dibandingkan dengan (2) model inkuiri bebas termodifikasi dengan rata-rata 85,95 dan (3) pembelajaran dengan model konvensional dengan rata-rata 75,63.

Referensi

A. Panday, G.K. Nanda., V. Ranjan. 2011. Effectiveness of Inquiry Training. Model over Conventional Teaching Method on Academic Achiement of.
Budiasa, I W.; I G.A.A. Ambarawati; I M. Mega; I K. Mangku Budiasa. 2012. “Optimasi sistem usahatani terintegrasi untuk memaksimalkan pendapatan petani”. E-Jurnal Agibisnis dan Agrowisata Vol 1 No 2. Denpasar.
Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriyani, R., Haryani, S., Susatyo. EB. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.
Hasanah, N. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Sintaksis. Vol. 2 (1): 29-37.
Joyce. (2011). Models of Teaching Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Liliasari & Tawil. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Lusidawaty, V., dkk. 2020. Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4 (1) Tahun 2020 Halaman 168-174
Rusman. 2012.Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sitanggang & Yulistiana. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Ekosistem Melalui Penggunaan Laboratorium Alam. Jurnal Formatif. Vol 5(2): 156-167.
Sunarti. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : PT SUN P.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Innovatif-Progresif: Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Vaishnav. (2013). Effectiveness Of Inquiry Training Model For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winarti, Harmayani dan Nurismanto. 2015. Model – Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Jakarta: PT Gramedia Pustaka ... Pustaka Utama.
Diterbitkan
2021-12-31
Bagian
Articles