PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING IPA BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

  • Kiki Pratama Rajagukguk STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Nurul Hasanah STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Elfi Lailan Syamita Lubis STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Kata Kunci: E-Learning, Tematik Integratif, Discovery Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pengembangan media E-Learning berbasis tematik integratif model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan mengadaptasi model Tessmer. Langkah- langkah penggunaan model Tessmer yaitu: self evaluation, expert review and one to one, small group dan field test. Desain uji coba menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk one-Group pretest posttest design. Instrumen pengumpulan data dalam pengembangan ini terdiri dari validasi  ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran untuk melihat kelayakan media dan angket respon siswa, instrumen  tes  kemampuan  berpikir  kreatif dengan menggunakan soal open ended serta wawancara untuk melihat efektifitas dan praktikalitas media e-learning yang dikembangkan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  media e-learning yang dikembangkan masuk dalam kategori cukup valid serta memiliki daya tarik,  dalam artian mendapat respon yang menarik bagi siswa dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Referensi

Akbar, P.S. & Usman, H. (2013). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Akbar, Sa'dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Akbar, Sa'dun dan Hadi Sriwiyana. (2011). Pengembangan Kurikulum dan. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media
Bakri, F, Muliyati, D (2017). 'Pengembangan Perangkat E-Learning untuk Matakuliah Fisika Dasar II Menggunakan LMS Chamilo. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol.2 No.1 25-30
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta :PT Raja. Grafindo Persada Pusat.
Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme Dan Website Pada Materi Lingkaran Dan Bola. Lemma. 2, (1), hal 42-35.
Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Lubis, E. L. S., Rajagukguk, K. P., & Mustika, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Sintaksis, 2(2), 1–10.
Lubis, R. R., Rajagukguk, K. P., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4D Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14–22.
Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mardapi, Djemari. (2013). Teknik Penyususnan Instrumen Dan Notes. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhson, Ali. (2010) “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 8 No 2 Tahun 2010. Ha 1-10.
Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Nurkancana, Wayan. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Rahman, Reza. (2009). Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan. Jakarta : Buku Kita 2009
Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Pratiwi, A., & Syafira, H. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 3(1), 9–16.
Siswono, Yuli Eko, Tatag, 2006. Desain Tugas Mengidentifikasikan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika: Dalam Jurnal Terakreditasi “Pancaran Pendidikan”,Jember.
Suhadi. (2007). Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta: Universitas. Muhammadiyah
Suyanto, & Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi (Erlangga Group).
Tegeh, I Made. 2019. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Yazdi, M., (2012), E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis. Teknologi Informasi, Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1): 143-152.
Diterbitkan
2021-12-31
Bagian
Articles