PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL IPA DI SMP AL-MAKSUM LANGKAT

  • Diah kesumawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Desvan Hardian Kesuma Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Putri Ananda Sanjaya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum

Abstrak

Penelitian ini Bertujuan untuk Mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Bantuan Media Audio Visual Di SMP Al-Maksum Langkat.  Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 19 siswa. Sampel penelitian dilakukan dengan total sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah survei studies. Hasil belajar siswa pada siklus 1 yang mengalami ketuntasan belajar hanya 9 orang dengan jumlah persentase 47,37%, pada siklus 2 yang mengalami ketuntasan belajar 12 orang dengan jumlah persentase 63,16%, pada siklus 3 yang mengalami ketuntasan belajar 18 orang dengan jumlah persentase 94,74%. Peggunaan media audio visual IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa/i di SMP Al-Maksum Langkat.

Referensi

Abdullah. (1998). Pengertian Pendidikan IPA. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Eduaktif. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.
Aunurrahman, dkk, (2009). Penelitian Pendidikan SD; Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.
Hamalik, Oemar. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press
Kartono (2010). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Komaidi. Didik, dkk. (2011). Panduan Lengkap PTK. Yogyakarta: Sabda Media.
Kurnia Inggridwati, dkk, (2007). Perkembangan Belajar Peserta Didik; Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Lapono, Nabisi, dkk. (2008). Belajar dan Pembelajaran SD; Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rukkiyah, Hadi. (2010). Media Audio Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sobry. (2008). Manfaat Media Audio Visual. Bandung: Refika Aditama.
Sri Anitah W,dkk. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurdyansyah, N., Siti, M., & Bachtiar, S. B. (2017). Problem Solving Model with Integration Pattern: Student’s Problem Solving Capability. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 173, 258.
Muhammad, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia learning center., 41
Nurdyansyah, N. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Jurnal TEKPEN, 1(2). Terbitan 2, 929-930.
Pandi, R., & Nurdyansyah, N. (2017). An Evaluation of Graduate Competency in Elementary School. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 125, 95.
Nurdyansyah, N. (2017). Integration of Islamic Values in Elementary School. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 125
Nurdyansyah, N. (2015). Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti-Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare. Halaqa, 14(1), 2.
Nurdyansyah, N. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Nurdyansyah, N. (2018). Peningkatan Moral Berbasis Islamic Math Character. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurdyansyah, N., Rais, P., & Aini, Q. (2017). The Role of Education Technology in Mathematic of Third Grade Students in MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), November 2017, 37-46 ISSN 2579.
Nurdyansyah, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurdyansyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia learning center,
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia learning center, 1.
Diterbitkan
2020-04-30
Bagian
Articles