MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SD NEGERI 055985 PEKAN SELESAI. KAB. LANGKAT

  • Nurlia Ginting, M.Pd Universitas Quality Berastagi
Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Model Student Teams Acviehement Division mata pelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menentukan implementasi pembelajaran dan untuk belajar meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor penyebab di balik masalah adalah guru tidak tepat dalam pemilihan model dalam proses pembelajaran, kegiatan pembelajaran masih pasif dan tidak menarik perhatian siswa dan motivasi siswa belum muncul dalam mata pelajaran pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 055985 Pekan Selesai. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang menyangkal 30 siswa, sedangkan objek penelitian meningkatkan pembelajaran siswa dengan menggunakan model Cooperative Student Type Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPS. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes esai dari lima pertanyaan yang terbatas pada level positif C1 dan C2. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus kegiatan pembelajaran guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis aktivitas belajar guru pada siklus pertama dari 60% meningkat menjadi 72,5% pada siklus kedua dan aktivitas siswa pada siklus pertama dari 60 meningkat menjadi 76 pada siklus kedua, ketuntasan individu telah mencapai KKM yaitu 65. Klasik siklus kelengkapan I dari 66, 67 menjadi 86,67 dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 63,49 menjadi 74,89. Pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS berdasarkan persiapan Persiapan Kemerdekaan Indonesia di kelas V 055985 Sekolah Dasar Pekan Selesai.

References

Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.


Arikunto, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, Kurikulum IPS SD 2006. Jakarta: Depdiknas, 2006.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Beriontasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung

Suharjono, dkk. 2012.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Suherti, A. Piet. 2013. Konsep dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

http//mi-almustajab.blogspot.com/2014/04/persiapan-kemerdekaan-inonesia.
Published
2021-12-31