PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN MENDENGARKAN DI MASA PANDEMI COVID 19

  • Rosmen STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Maitri Rahmadhani STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Yusrah STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: pembelajaran mendengarkan, daring, aplikasi Whatsapp

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelisik persepsi mahasiswa semester I Prodi PBI STKIP Al Maksum Langkat terhadap pemanfaatan aplikasi WA dalam pembelajaran mendengarkan selama daring di masa pandemi Covid-19. Delapan puluh tiga mahasiswa dilibatkan dalam penelitian ini. Metode kualitatif dasar sebagaimana yang disarankan Ary digunakan dalam penelitian ini. Angket tertutup berskala Likert empat poin dan wawancara digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis statistik dasar digunakan untuk menganalisis data angket yang disebar lewat Google Form. Pengkodean terhadap jawaban wawancara digunakan untuk menganalisis data wawancara yang untuk selanjutnya dirunutkan hingga membentuk pola tertentu lalu diinterpretasikan. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa sebagian kecil dari mahasiswa Prodi PBI beranggapan bahwa pembelajaran mendengarkan yang memanfaatkan aplikasi WA selama daring kurang efektif, karena pembelajaran daring yang memanfaatkan aplikasi WA ini merupakan hal yang baru bagi mereka. Namun secara keseluruhan, secara dominan persepsi mahasiswa positif terhadap pemanfaatan aplikasi WA dalam pembelajaran mendengarkan selama daring.

References

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. K., & Walker, D. A., (2014). Introduction to Research in Education (9th ed.). USA: Wadsworth Cengage Learning
Bogdan, R. C., Biklen, S. K., (2007). Qualitative research for Education: An Introduction to Theory and Methods (5th ed.). USA: Pearson
Hassan, M. (2021). The Application of Google Classroom as Media for Teaching and Learning. The Seall Journal, 2(1), 24 – 31
Hanisi, L. A., Risdiany, R., Utami, D. Y., & Sulisworo, D. (2018). The use of WhatsApp in collaborative learning to improve English teaching and learning process. International Journal of Research Studies in Educational Technology, 7(1), 29 – 35
Khodary, M. M. (2018). Using Audiobooks for Developing Listening Comprehension among Saudi EFL Preparatory Year Students. Journal of Language Teaching and Research, 9(1), 64 – 73
Rokhaniyah, H., & Utama, S. N., (2019). Developing IELTS Material through Schoology to EFL Learners’ Listening Comprehension. Langkawi Journal of the Association for Arabic and English, 5(2), 102 – 114
Rosmen (2020). The Speaking Assessment of SMPS Melati Binjai. The Seall Journal, 1(1), 1 – 5
Sari, N. & Fithriyana, R. (2019). Exploring EFL Students' Problems in Listening Comprehension. Journal of English Educators Society, 4(1), 47 – 52
Yoestara, M. & Putri Z. (2018). PODCAST: An alternative way to improve EFL students’ listening and speaking performance. Englisia, 6(1), 15 – 26
Zulyadaini. (2017). A Development of Students’ Worksheet Based on Contextual Teaching and Learning. IOSR Journal of Mathematics, 13(1), 30 – 38
Published
2021-12-31