PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL IPA DI SMP AL-MAKSUM LANGKAT

  • Diah kesumawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Desvan Hardian Kesuma Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Putri Ananda Sanjaya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
Keywords: Hasil Belajar, IPA, Audio Visual

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk Mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Bantuan Media Audio Visual Di SMP Al-Maksum Langkat.  Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 19 siswa. Sampel penelitian dilakukan dengan total sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah survei studies. Hasil belajar siswa pada siklus 1 yang mengalami ketuntasan belajar hanya 9 orang dengan jumlah persentase 47,37%, pada siklus 2 yang mengalami ketuntasan belajar 12 orang dengan jumlah persentase 63,16%, pada siklus 3 yang mengalami ketuntasan belajar 18 orang dengan jumlah persentase 94,74%. Peggunaan media audio visual IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa/i di SMP Al-Maksum Langkat.

References

Abdullah. (1998). Pengertian Pendidikan IPA. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Eduaktif. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.
Aunurrahman, dkk, (2009). Penelitian Pendidikan SD; Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.
Hamalik, Oemar. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press
Kartono (2010). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Komaidi. Didik, dkk. (2011). Panduan Lengkap PTK. Yogyakarta: Sabda Media.
Kurnia Inggridwati, dkk, (2007). Perkembangan Belajar Peserta Didik; Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Lapono, Nabisi, dkk. (2008). Belajar dan Pembelajaran SD; Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rukkiyah, Hadi. (2010). Media Audio Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sobry. (2008). Manfaat Media Audio Visual. Bandung: Refika Aditama.
Sri Anitah W,dkk. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurdyansyah, N., Siti, M., & Bachtiar, S. B. (2017). Problem Solving Model with Integration Pattern: Student’s Problem Solving Capability. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 173, 258.
Muhammad, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia learning center., 41
Nurdyansyah, N. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Jurnal TEKPEN, 1(2). Terbitan 2, 929-930.
Pandi, R., & Nurdyansyah, N. (2017). An Evaluation of Graduate Competency in Elementary School. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 125, 95.
Nurdyansyah, N. (2017). Integration of Islamic Values in Elementary School. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 125
Nurdyansyah, N. (2015). Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti-Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare. Halaqa, 14(1), 2.
Nurdyansyah, N. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Nurdyansyah, N. (2018). Peningkatan Moral Berbasis Islamic Math Character. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurdyansyah, N., Rais, P., & Aini, Q. (2017). The Role of Education Technology in Mathematic of Third Grade Students in MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), November 2017, 37-46 ISSN 2579.
Nurdyansyah, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurdyansyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia learning center,
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia learning center, 1.
Published
2020-04-30