WORKSHOP PEMBUATAN SOAL HOTS BAGI GURU DI SMA NEGERI 1 SECANGGANG
Abstract
Kurangnya workshop yang membahas tentang soal HOTS di lingkungan sekolah merupakan salah satu alasan sulitnya mengembangkan soal HOTS bagi guru. Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sejauhmana kompetensi yang diajarkan guru telah tercapai oleh siswa. Instrumen penialian yang paling mudah untuk dikembangkan adalah instrumen penilaian objektif. Kegiatan ini dilakukan untuk dapat meningkatkan pemahaman guru tentang perbedaan LOTS dengan HOTS dan guru diharapkan mampu menyusun soal HOTS yang sesuai dengan revisi Taksonomi Bloom. Kegiatan workshop ini dilakuakn dengan (1) memberikan sosialiasi tentang perbedaan bentuk instrumen penilaian yang LOTS dan HOTS, dan (2) melakukan kegiatan pembinaan secara langsung tentang cara penyusunan butir soal HOTS kepada guru. Dari hasil pengabdian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Secangang, sebanyak 54 orang guru mengikuti secara aktif pada kegiatan sosialisasi dan guru mampu merancang instrumen penilaian HOTS. Produk luaran yang dihasilkan merupakan instrumen penilaian HOTS yang siap untuk di uji validitas empirisnya.