PENINGKATAN PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGELOLAAN PENDIDIKAN SMK KABUPATEN LANGKAT
Abstract
Dalam pengelolaan pendidikan agar tujuan pendidikan tercapai, harus melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam mengelola pendidikan. Orang tua peserta didik yang tergabung dalam masyarakat maupun pengguna layanan pendidikan memiliki porsi yang besar untuk turut serta meningkatkan mutu pendidikan yang dilakukan oleh sekolah, sehingga akan terjadi kemitraan yang saling melengkapi dan menjadi bagian penting dalam peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Oleh karena itu, pembentukan komite sekolah harus dapat berfungsi sebagai mitra dalam pelaksanaan program program sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bentuk kemitraan antara manajemen sekolah SMK Se-Kabupaten Langkat dengan komite sekolahnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kemitraan antara sekolah dan komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, selalu berkoordinasi dalam membuat rencana kegiatan kegiatan sekolah baik yang akademik maupun nonakademik serta sosial kemasyrakatan. Komite adalah mitra sekolah berfungsi memberi pertimbangan, dukungan dan pengawasan terhadap kegiatan sekolah, dan menjadi mediator antara sekolah dengan semua wali peserta didik, sehingga dengan fungsi dan kemitraan yang terjalin baik dengan komite SMK Se-Kabupaten Langkat dapat melaksanakan perbagai program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga visi misi sekolah dan kepuasan orang tua peserta didik tercapai bersama sama.