PENINGKATAN PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGELOLAAN PENDIDIKAN SMK KABUPATEN LANGKAT

  • Muhammad Sadri STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Kemitraan, Komite Sekolah, Mutu Pendidikan

Abstract

Dalam  pengelolaan  pendidikan  agar  tujuan  pendidikan  tercapai,  harus  melibatkan  masyarakat  dan  pemangku kepentingan  dalam  mengelola pendidikan. Orang tua  peserta didik  yang  tergabung  dalam masyarakat  maupun pengguna layanan pendidikan memiliki porsi yang besar untuk turut serta meningkatkan mutu pendidikan yang dilakukan  oleh  sekolah,  sehingga  akan  terjadi  kemitraan  yang  saling  melengkapi  dan  menjadi  bagian  penting dalam peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Oleh karena itu, pembentukan komite sekolah harus dapat  berfungsi  sebagai  mitra  dalam  pelaksanaan  program  program  sekolah.  Pengabdian  ini  bertujuan  untuk mengetahui bentuk bentuk kemitraan antara manajemen sekolah SMK Se-Kabupaten Langkat dengan komite sekolahnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan adanya kemitraan antara sekolah dan komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, selalu berkoordinasi dalam membuat rencana kegiatan kegiatan sekolah baik yang akademik maupun nonakademik serta sosial kemasyrakatan. Komite adalah mitra  sekolah  berfungsi  memberi  pertimbangan,  dukungan  dan  pengawasan  terhadap  kegiatan  sekolah,  dan menjadi mediator antara sekolah dengan semua wali peserta didik, sehingga dengan fungsi dan kemitraan yang terjalin  baik  dengan  komite  SMK Se-Kabupaten Langkat dapat  melaksanakan  perbagai  program  kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga visi misi sekolah dan kepuasan orang tua peserta didik tercapai bersama sama.

Published
2020-04-23
Section
Articles