SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN LITERASI ORIENTASI KOLABORASI REFLEKSI (LOK-R) PADA GURU MIN 12 LANGKAT

  • yusrah yusrah
  • Donny Adiatmana Ginting STKIP Al Maksum Langkat
  • Haryati STKIP Al Maksum Langkat
  • Ade Evi Fatimah STKIP Al Maksum Langkat
  • Ade Syafirna STKIP Al Maksum Langkat
Keywords: Sosialisasi, Model Pembelajaran, Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi (LOK-R), Guru MIN 12 Langkat.

Abstract

Penerapan model pembelajaran terkait dengan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah menjadi hal yang harus disesuaikan dengan perkembangan zamannya. Saat ini pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dituntut untuk menerapkan pembelajaran berbasis literasi, yaitu: literasi membaca, social budaya, sains dan numerasi. Penerapan pembelajaran berliterasi tentu harus menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Maka oleh itu, model pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi (LOK-R) cocok digunakan untuk pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Sosialisasi Model pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi (LOK-R) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 12 Langkat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para guru tentang system, tata cara, prosedur atau runtutan pada pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi (LOK-R) sehingga peserta didik/siswa mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan peristiwa nyata yang terjadi dalam kehidupan di sekitarnya. Luaran kegiatan ini adalah para guru Madraasah Ibtidaiyah Negeri 12 Langkat mampu mengaplikasikan model pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi (LOK-R) dalam kegiatan pembelajaran dikelas kepada para peserta didik sehingga pembelajaran berbasis literasi dapat direalisasikan dengan tepat.

Published
2022-12-31
Section
Articles