PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA GURU SD SWASTA PAB 10 SAMPALI

  • Renni Ramadhani Lubis STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Nurhamimah Rambe STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Media pembelajaran, multimedia interaktif

Abstract

Media pembelajaran sangat penting digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Akan tetapi seringkali hal ini terabaikan oleh para guru. Di karenakan kurangnya pemahaman guru tersebut mengenai pembuatan media pembelajaran, terbatasnya waktu untuk membuat media tersebut, tidak tersedianya dana yang mencukupi, dan pada guru kesulitan untuk mencari media yang tepat. Program dilaksanakannya pengabdian pada masyarakat menjadi salah satu alternatif bagi para guru untuk mengimplementasikannya di dalam proses pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan yaitu memberikan pelatihan membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam proses pembelajaran di kelas oleh guru-guru SD Swasta PAB 10 Sampali. Peserta pengabdian merupakan guru-guru yang berada di SD Swasta PAB 10 Sampali. Untuk kepentingan layanan pengabdian dan ketersediaan sarana dan prasarana maka diambil 20 orang guru. Pelatihan diadakan di SD Swasta PAB 10 Sampali selama 2 hari pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2021 pukul 09.00-16.30. Pelaksanaan pengabdian dapat dikategorikan berhasil dari segi partisipasi peserta yang datang berjumlah 20 orang. Para peserta merasa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang akan mereka gunakan di dalam proses pembelajaran di SD Swasta PAB 10 Sampali. Respon peserta atas kegiatan pengabdian yang dilaksanakan menyatakan bahwa dari kualitas pemateri, kualitas modul adalah sangat baik.

Kata Kunci: Media pembelajaran, multimedia interaktif

 

ABSTRACT

Learning media is very important to be used during teaching and learning activities in the classroom. However, this is often overlooked by teachers. This is due to the teacher's lack of understanding regarding the making of learning media, the limited time to make the media, the unavailability of sufficient funds, and the difficulty for teachers to find the right media. The program of implementing community service is an alternative for teachers to implement it in the learning process. Community service that is carried out is providing training in making interactive multimedia-based learning media in the learning process in the classroom by teachers of PAB 10 Sampali Private Elementary School. The service participants are teachers at PAB 10 Sampali Private Elementary School. For the sake of community service and the availability of facilities and infrastructure, 20 teachers were taken. The training was held at PAB 10 Sampali Private Elementary School for 2 days on 27 and 28 October 2021 at 09.00-16.30. The implementation of the service can be categorized as successful in terms of the participation of 20 participants. The participants felt that this service activity was very useful for developing interactive multimedia-based learning media that they would use in the learning process at PAB 10 Sampali Private Elementary School. Participants' responses to the service activities carried out stated that from the quality of the presenters, the quality of the modules was very good.

Keywords: Learning media, interactive multimedia

Published
2021-12-31
Section
Articles