SOSIALISASI PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION BERBASIS DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Ade Evi Fatimah STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Muhammad Sadri STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Nurul Hasanah STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Joko Pribadi STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Pendekatan Differentiated Instruction (DI), Literasi Digital, Pembelajaran Daring

Abstract

Kegiatan diperuntukkan guru-guru SMK Al Maksum 2 Pulau Kampai, Kecamatan
Pangkalan Susu Kabupaten langkat, dengan tujuan utama sekolah ini dapat menjadi
pilot project dimana nantinya program pengabdian ini dapat berlanjut di beberapa
sekolah di desa atau kecamatan yang lain. Era revolusi industri 4.0 telah membawa
banyak perubahan pada berbagai aspek kehidupan dimana teknologi memiliki
peranan yang sangat besar dan menjadi motor utama perubahan di setiap aspek.
Guru idealnya memiliki kemampuan untuk mengembangkan model/pendekatan
pembelajaran yang dapat diakses melalui perangkat digital dan sesuai dengan
karakteristik peserta didik, serta mampu memanfaatkan sumber-sumber belajar lain
yang sesuai dengan karakteristik digital native. Selain itu, terjadinya pandemi
global yang disebabkan oleh virus COVID-19 juga mengakibatkan perubahan yang
sangat signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran.
Proses pembelajaran yang selama ini lazimnya dilaksanakan secara tatap muka
berubah menjadi online/daring. Oleh karena itulah diperlukan pendidik/guru yang
mampu mengembangkan model/pendekatan pembelajaran berbasis digital dan
sesuai dengan karakteristik peserta didik, agar bisa digunakan dalam pembelajaran
daring. Model/pendekatan pembelajaran yang disosialisasikan adalah pendekatan
Differentiated Instruction (DI), dimana pendekatan ini sangat memperhatikan
karakteristik atau kebutuhan tiap individu peserta didik. Pendekatan ini akan dibuat
berbasis digital dengan menggunakan bantuan Microsoft Office. Hasil kegiatan ini
telah dapat meningkatkan kapabilitas para guru dalam memanfaatkan dan
mengembangkan model/pendekatan Differentiated Instruction (DI) berbasis
digital, hal ini berdampak pada proses pembelajaran daring yang menjadi semakin
variatif.

Published
2021-12-31
Section
Articles