ANALISIS PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD

  • Alfalahunnisa Siregar STKIP AL MAKSUM
  • Aprilda Faradila STKIP AL MAKSUM
Keywords: Peran guru, Keterampilan Membaca, Hasil Belajar

Abstract

In the learning activities of teachers is very important in the education of a student. The teacher is the person who directs the learning process in stages from beginning to end. With the design students will pass the culmination stage, a stage that allows each student to know the progress of their learning. This research is a classroom action research (CAR) conducted in two cycles. Each cycle goes through stages (1) planning, (2) action, (3) observation and (4) reflection. The location of the study was carried out in grade 2 Public Elementary School 054902 Stungkit Village Kec. Capable. This research starts from the planning stage to the reporting phase with a cycle. The subjects of this study were grade 1 students of SD Negeri 054902 stungkit village, Kec. Capable. Researchers chose second-grade students, amounting to 20 students, consisting of 11 male students and 9 female students. Based on the results of research and assessment analysis in the first cycle and second cycle there was an increase in student learning outcomes towards learning reading skills. In cycle II the teacher tried to minimize the deficiencies contained in the first cycle, so that the results in the second cycle increased from cycle I. This can be seen from the results of the average student score increased from 4.10 to 10.

 

___________________________

Dalam kegiatan pembelajaran guru sangat berperan penting dalam pendidikan seorang siswa. Guru adalah orang yang mengarahkan proses belajar secara bertahap dari awal hingga akhir.Dengan rancangannya siswa akan melewati tahap kulminasi, suatu tahap yang memungkinkan setiap siswa bisa mengetahui kemajuan belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahapan (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4)refleksi. Lokasi penelitian dilaksanakan di kelas 2 SD Negeri 054902 Desa Stungkit Kec. Wampu. Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan sampai tahap laporan dengan siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 054902 desa stungkit Kec. Wampu. Peneliti memilih siswa kelas dua yang berjumlah 20 orang siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan..Berdasarkan hasil penelitian dan analisis penilaian pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran keterampilan membaca. Pada siklus II guru mengusahakan meminimalisir kekurangan-kekurangan yang terdapat pada siklus I, sehingga hasil pada siklus II meningkat dari siklus I. Hal ini terlihat dari hasil skor rata-rata siswa meningkat dari 4,10 menjadi 10.

Published
2021-06-30