PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI UNSUR, SENYAWA DAN CAMPURAN

  • Rizki Fajar STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Titin Rahmayanti Rambe STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Wina mariana parinduri STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Advance Organizer, Output Pembelajaran, Elements, Compounds And Mixtures.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan Advance Organizer pada materi Struktur Atom. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Medan yang berjumlah 26 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan soal posttest, dan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Advance Organizer. Dari hasil posttest diperoleh hasil belajar siswa pada 83,65; serta tanggapan siswa sebesar 96,15% yang menyatakan senang dengan model pembelajaran Advance Organizer. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa yang positif menunjukkan kemajuan belajar siswa dengan model pembelajaran Advance Organizer pada penggunaan materi unsur, senyawa dan campuran.

Published
2020-12-30