Pengaruh Bimbingan Konseling dan Pendidikan Agama Kristen Keluarga Terhadap Pertumbuhan Karakter Anak

  • Prinawati Saragih Universitas Efarina, Pematang Siantar, Indonesia
  • Hersakso Sinurat Universitas Efarina, Pematang Siantar, Indonesia
  • Satya Nagara Universitas Efarina, Pematang Siantar, Indonesia
Keywords: Bimbingan Konseling, Pendidikan Agama Kristen, Pertumbuhan Karakter Anak

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh bimbingan konseling dan pendidikan agama Kristen dalam keluarga terhadap pertumbuhan karakter anak. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, partisipan dipilih secara purposive untuk mencakup keluarga yang aktif menerapkan kedua faktor tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling, diselenggarakan oleh konselor keluarga, memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengatasi tantangan emosional dan mengembangkan keterampilan sosial. Dukungan psikologis yang diberikan oleh konselor menciptakan lingkungan kondusif untuk pertumbuhan karakter. Pendidikan agama Kristen di keluarga memberikan fondasi moral yang kuat dan membantu anak-anak menginternalisasi nilai-nilai agama Kristen dalam keputusan sehari-hari. Interaksi sinergis antara bimbingan konseling dan pendidikan agama Kristen membentuk landasan kuat dalam pembentukan karakter anak. Temuan ini memberikan wawasan yang mendalam tentang peran integratif keduanya dalam menciptakan lingkungan holistik untuk pertumbuhan karakter anak. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan untuk memperkaya pendekatan intervensi dan pedoman praktis bagi konselor, pendidik, dan orang tua dalam mendukung pertumbuhan karakter anak di lingkungan keluarga.

References

Economics, Green, Jubelando O. Tambunan, Jorge O. Brusa, Melisa Nur, Asima Sidabutar, Herna Jusnita, Alexander Samosir, and Universitas Efarina. 2019. “CHARACTER DEVELOPMENT OF CLASS 3 STUDENTS AT SDN 091320 RAYA TONGAH THROUGH APPRECIATION OF FABLES.” (20):1–14.
Karo Karo, Romaida, Reh Bungana Br Perangin-Angin, and Abdul Murad. 2020. “The Effect of STAD Cooperative Learning Model and Critical Thinking Ability on Learning Outcomes PPKn Grade V Students of SD Negeri 060934 Medan Johor.” Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal 3(2):871–78. doi: 10.33258/birle.v3i2.959.
Mery Chris Isabella Saragih. 2020. “Glasser-Based Poetry Writing Training for Private Junior High School Students RK Star East Management.” International Journal of Community Service (IJCS) 1(2):103–10. doi: 10.55299/ijcs.v1i2.180.
Nanda, Ficha Aulia, Martin Uribe, Jubelando O. Tambunan, and Herna Jusnita Samosir. 2020. “THE DIFFERENCE IN LEARNING OUTCOMES OF CLASS V STUDENTS BEFORE AND AFTER COVID-19 AT PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL 095256 PEMATANG BANDAR.” 287–302.
Samosir, Alex, Salim Efendi, and Imelda Gultom. 2020. “Pengaruh Metode Pembelajaran Google Classroom Dengan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Massa Covid- 19 Di Lubuk Pakam.” Jurnal Tunas Bangsa 7(2):266–79. doi: 10.46244/tunasbangsa.v7i2.1159.
Samosir, Alexander, Salim Efendi, and Imelda Gultom. 2020. “METHODS DEMONSTRATION AND GROUP DICUSSION.” 151–64.
Sihombing, Chintani, Zhenyu Cui, Romaida Karo Karo, and Ficha Aulia Nanda. 2019. “WHATSAPP-BASED E-LEARNING IMPLEMENTATION ON VALUES LEARNING PANCASILA IN CLASS V SD NEGERI 122351 INTRODUCTION.” 317–32.
Tampan, Sinas. 2020. “PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SEBELUM DAN SETELAH COVID-19 DI SD NEGERI 095256 PEMATANG BANDAR.” 39–56.
Tampan, Sinas, Negeri Pematang Siantar T. A, Ficha Aulia Nanda, Alexander Samosir, Romaida Karo Karo, and Herna Jusnita Samosir. 2020. “PERAN GURU KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN AFEKTIF SISWA KELAS V SD.” 1–20.
Tampan, Sinas, Belajar Siswa, D. I. Sd, Romaida Karo Karo, M. Pd, Chintani Sihombing, Ficha Aulia Nanda, and Alexander Samosir. 2020. “PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MELALUI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMATANGSIANTAR TAHUN 2020.” 81–96.
Tarbiyah, Fakultas, D. A. N. Keguruan, U. I. N. Antasari, Baringin Raya, and Tahun Pelajaran. 2020. “MANAGEMENT OF EDUCATION : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI.”
Tarbiyah, Fakultas, D. A. N. Keguruan, U. I. N. Antasari, and Chintani Sihombing. 2020. “Management of Education : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Upaya Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Discussion Starter Story Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 098017 Desa Bangun Tahun Pelajaran 2019 / 2020.”
Published
2020-12-31
Section
Articles