PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN MELALUI PERAN PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 118382 AEK BATU KECAMATAN TORGAMBA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN T.A. 2018/2019

  • Martiana Manurung SD Negeri 118382 Aek Batu, Labuhanbatu Selatan, Indonesia
Keywords: Kompetensi Guru, Metode Demonstrasi, Pembinaan Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan Tujuan untuk mengetahui Peran Pembinaan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dengan Metode Demonstrasi pada Guru Mata Pelajaran di SD Negeri 118382 Aek Batu Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru yang ada di SD Negeri 118382 sebanyak 20 orang. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes hasil praktik dan postes siklus I dan postes siklus II. Hasil penelitian diperoleh Tingkat kemampuan awal sebelum diberikan pembinaan sebesar 32 atau seluruh termasuk belum trampil. Rata-rata hasil penguasaan (postes) pada siklus I sebesar 63 dan secara kelompok dinyatakan belum mencapai keberhasilan yaitu hanya 50% yang telah berhasil. Tingkat Kemampuan hasil evaluasi (postes) pada siklus II sebesar 88 dan secara kelompok guru telah mencapai keberhasilan yaitu sebesar 88% yang telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar yang akan diajarkan guru melalui Peran Pembinaan Kepala Sekolah di SD Negeri 118382 Aek Batu.

Published
2019-12-12