PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN PERAN KEPALA SEKOLAH MELAKUKAN SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENGAJAR DI SD NEGERI 118264 AEK TOROP T.P 2018/2019

  • Edita Hutasoit SD Negeri 118264 Aek Torop, Labuhanbatu Selatan, Indonesia
Keywords: Discovery Learning, Supervisi, Kompetensi Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Discovery dengan Peran Kepala sekolah Melakukan Supervisi dapat meningkatkan Kompetensi Guru di SD Negeri 118264 Aek Torop. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Di SD Negeri 118264 Afd II Aek Torop Tahun Pelajaran
2018/2019 yang berjumlah 9 guru. Penelitian ini menggunakan desain PTS yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri
atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan lembar
observasi. Kriteria ketuntasan belajar didasarkan pada ketuntasan secara individu dan secara klasikal dengan kriteria ketuntasan minimal 70 bagi individu dan
ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80%. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada saat tes awal sebelum diberikan tindakan sebesar 57.77 dan dinyatakan masih
belum berhasil. Kesulitan-kesulitan yang dialami peserta masih bingung dalam melakukan metode Discovery (penemuan). Pada siklus I setelah diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata meningkat menjadi 66.67. Pada siklus II, nilai rata-rata juga meningkat menjadi 76.66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery dapat meningkatkan hasil di SD Negeri 118264 Afd II Aek Torop pada Tahun Pelajaran 2018/2019.


Kata Kunci : Discovery Learning, Supervisi, Kompetensi Guru

Published
2019-12-12