PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

  • Kiki Pratama Rajagukguk STKIP Al Maksum Langkat
  • Elfi Lailan Syamita Lubis STKIP Al Maksum Langkat
  • Linda Mustika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: lembar kerja peserta didik, dicovery learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning yang dikembangkan. Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 5 langkah yaitu: (1) analysis (analisis) (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), (5) evaluation (penilaian). Subjek Penelitian adalah 36 orang peserta didik kelas VII SMP. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli desain pembelajaran, guru ilmu pengetahuan alam, lembar angket untuk siswa, observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang terlebih dahulu dilakukan validasi empiris. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang
memenuhi aspek isi, penyajian, kebahasaan dan tampilan dengan rata-rata 3,85 dengan kategori sangat baik dan masuk kriteria valid dan layak digunakan, serta efekif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya ketuntasan belajar individu mencapai 83%, ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,3% dengan persentase N-gain mencapai 0,74, ketercapaian indikator pembelajaran mencapai 81,9 dan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 84,9 serta mendapat respon posistif dari siswa mencapai 81,5% dengan kriteria baik.

Published
2020-04-18