Peran Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Membentuk Karakter Anak di Sekolah Dasar

  • Sara Frimaulia Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Sakura Alwina STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Kata Kunci: Konselor, Masalah Sosial, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran pendidikan bahasa Inggris dalam membentuk karakter anak di sekolah dasar. Melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara dan observasi langsung di kelas, penelitian ini mengumpulkan data dari para peserta didik, guru Bahasa Inggris, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris memiliki dampak yang signifikan dalam pengembangan sikap, nilai-nilai, dan perilaku positif pada anak-anak. Guru Bahasa Inggris yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan menginspirasi anak-anak memainkan peran kunci dalam membentuk karakter mereka. Dukungan dan partisipasi orang tua dalam pembelajaran bahasa Inggris anak di rumah juga memiliki pengaruh besar dalam pembentukan karakter anak. Namun, tantangan seperti kurangnya sumber daya dan kurikulum yang relevan perlu diatasi untuk mengoptimalkan peran pendidikan bahasa Inggris dalam pembentukan karakter anak. Diperlukan kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua, dan pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan bahasa Inggris untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi pembentukan karakter anak-anak yang berintegritas dan berdaya saing.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
Alwina, S. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 5(1), 18-25.
Alwina, S., Siregar, Z., Azhar, P. C., Sugma, A. R., & Novianty, Y. (2023). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Bagi Guru-Guru Di Lingkungan Sd It Hamas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 96-102.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.
Fauzan, U., Muklis, M., Hadijah, S., Noor, W. N., Aulia, R., Safitri, D., ... & Zulfikar, M. (2023). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Melalui English Course. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 111-118.
Frimaulia, S., & Putra, T. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS HYBRID LEARNING DALAM MENINGKATKAN CRITICAL READING SKILLS MAHASISWA STKIP AL MAKSUM LANGKAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1).
Frimaulia, S., & Putra, T. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS HYBRID LEARNING DALAM MENINGKATKAN CRITICAL READING SKILLS MAHASISWA STKIP AL MAKSUM LANGKAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1).
Frimaulia, S., & Sari, Y. (2022). Pengaplikasian Permainan tradisional Dalam Peningkatan kosa kata Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 88-99.
Inayah, Y., & Sya, M. F. (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 339-345.
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. Ugm Press.
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045-4052.
Siregar, A. (2018). Metode pengajaran bahasa Inggris anak usia dini. Lembaga penelitian dan penulisan ilmiah AQLI.
Published
2023-12-30