Pengaruh Metode Pembelajaran Interaktif Tehadap Motivasi Praktek Berbahasa Inggris (Speaking Practise) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Al Maksum Langkat

  • edisuprayetno
  • Yusrah STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Alvia Shahira STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Metode Pembelajaran interaktif, Motivasi, Praktek Berbahasa Inggris

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengaruh Metode Pembelajaran Tehadap Motivasi Praktek Berbahasa Inggris (Speaking Practise) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Al Maksum Langkat. Penelitian ini penelitian kuantitatif deskriptif yaitu penelitian yang menjelaskan tentang keseluruhan aspek-aspek yang diteliti. Penelitian ini juga merupakan penelitian studi lapangan dengan menggunakan objek kajian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pada semester V Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Al Maksum Langkat yang berjumlah 75 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada  penelitian ini adalah purposive sampling yaitu seluruh mahasiswa pada kelas VA dijadikan sampel dengan jumlah 25 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara metode pembelajaran interaktif terhadap motivasi praktek berbahasa Inggris mahasiswa STKIP Al Maksum Langkant dengan nilai Thitung  5,015 > t tabel  1,7138  dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan nilai pengauru sebesar sebesar 55,2% terhadap motivasi praktek berbahasa. Pada uji regresi linier sederhana diperoleh nilai bahwa Koefisien regresi metode pembelajaran interaktif sebesar 0,681, artinya setiap ada peningkatan metode pemebelajaran interaktif sebesar 0,681 point maka motivasi praktek berbahasa mahasiswa  akan mengalami peningkatan sebesar 0,681 point.

 

 

References

Brown, H. D. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. Pearson Education
Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hattie, J., & Yates, G. C. R. 2014. Visible learning and the science of how we learn. New York: Routledge
Parsons, R. D., Hinson, S. L. & Sardo-Brown, D. 2001. Educational Psychology: A practitioner-researcher model of teaching. Belmont: Thomson Learning.
Raztiani, H., & Permana, I. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Parole. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, 2. https://doi.org/10.22460/p.v2i3p433-440.2845
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. 2001. Approaches and methods in language teaching. Cambridge University Press.
Sardiman AM 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, (Ed; XVI, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,, h. 7.
McClelland, D. 1985. Motivation: A psychobiological approach. American Psychologist, 40(3), 325-339.
Muhibbin Syah, 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moore, H. Frazire. 2005. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R & D, (Cet. XV; Bandung: Alfabeta,
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV. Alfabeta.
Published
2023-12-30