Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team quiz terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi sistem pencernaan di kelas XI IPA SMA Persiapan Stabat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen semu (quasi-experiment research). Desain penelitian yang digunakan adalah “pretest dan posttest dengan kelompok-kelompok tidak acak” atau non equivalent pretes kontrol group design. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampel Random Sampling. Teknik Pengumpulan data melalui tes hasil belajar bentuk soal pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 83 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah adalah 70. Dari hasil Uji t menunjukkan bahwa sig 2-tailed (0,00 < 0,025). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA siswa antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dengan yang diajar melalui model pembelajarn konvensional. Maka dengan ini model pembelajaran kooperatif tipe quiz dapat dipilih sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.
Arqam, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. In Jurnal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 1-8). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar.
Asmani, J. M. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.
Gafur, A. (2018). Peningkatan hasil belajar ipa terpadu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas viii smp negeri 2 sano nggoang manggarai barat tahun pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1).
Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Iwan, I., Haya, N., & Yohanita, A. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIA di SMA Negeri 01 Manokwari. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 7(1), 29-41.
Safitri, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SDN 060902 Medan Maimun. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 13-25.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.