SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN QUALITY CONTROL PRODUK CV. THREE R PRA PEMASARAN

  • Muhammad Riza Syahputra STKIP Al Maksum Langkat
Keywords: quality control, sistem pendukung keputusan, produk

Abstract

Setiap tahun, pemasaran produk CV. Three R selalu meningkat. Untuk itu dibutuhkan pendataan produk dengan baik. Dalam menjaga kualitas produk yang akan dipasarkan juga harus di perhatikan kondisinya. Agar dapat memberikan keputusan yang tepat dalam menentukan kualitas produk, maka dibutuhkan suatu metode dalam mengambil keputusan. Data dan metode yang digunakan diambil dari data-data produk pemasaran CV. Three R. metode yang digunakan dalam mengolah data adalah Simple Additive Weighting (SAW). Tahapan pengolahan metode saw dalam penelitian ini adalah melakukan inisialisasi data-data produk. Hasil dari inisialisaisi dilakukan normalisasi dan menentukan bobot ternormalisasi. Maka akan diperoleh nilai preferensi untuk setiap alternatif. Hasil dari pengujian terhadap metode ini adalah perangkingan dari kriteria tanggak kadaluarsa, kondisi warna kemasa, kondisi bentuk kemasan, kondisi segel dan
packing. Hasil dari pengujian terhadap metode ini rangking terbaik adalah alternatif kedua. Hasil ini memiliki nilai persentasi 81%. Penentuan quality control dapat dilakukan dengan optimal. Sehingga hasil keputusan yang diperoleh dapat dijadikan panduan untuk melakukan produksi sesuai dengan permintaan pasar dengan kualitas terbaik.

Published
2020-04-17