Pemahaman Geometri Pada Siswa Kelas X Jurusan IPA SMA Swasta Persiapan Melalui Pembelajaran Berbasis Eksplorasi

  • Tedy Putra STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Azrina Purba STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Riskyka STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Pemahaman Geometri, Siswa Kelas X IPA, Pembelajaran Berbasis Eksplorasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak dari pendekatan pembelajaran berbasis eksplorasi terhadap pemahaman geometri siswa kelas X jurusan IPA di sebuah SMA Swasta Persiapan. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini, melibatkan observasi kelas, wawancara dengan siswa, dan analisis dokumen sebagai instrumen pengumpulan data. Data dianalisis melalui pendekatan induktif dan triangulasi untuk mendapatkan wawasan yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan berbasis eksplorasi mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran geometri. Melalui interaksi berdiskusi, eksplorasi konsep, dan kolaborasi, siswa menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam pemecahan masalah geometri dan menerapkan konsep dalam konteks praktis. Wawancara dengan siswa mengungkapkan perasaan relevansi dan kemudahan memahami konsep-konsep geometri melalui pendekatan ini, yang juga memicu peningkatan minat terhadap matematika. Analisis dokumen menegaskan bahwa siswa mencapai kemajuan yang signifikan dalam pemahaman geometri setelah penerapan pendekatan eksplorasi. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa pendekatan ini secara positif memengaruhi pemahaman siswa dan memiliki potensi untuk merancang strategi pembelajaran lebih interaktif dan kontekstual. Kesimpulannya, pendekatan pembelajaran berbasis eksplorasi dapat efektif dalam meningkatkan pemahaman geometri dan memotivasi siswa dalam mempelajari matematika di tingkat sekolah menengah.

References

Cahyani, A., & Putri, S. O. (2019, May). Inovasi pendidikan melalui kemampuan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 286-297).
Murtiyasa, B. (2015). Tantangan pembelajaran matematika era global.
Rosita, C. D. (2014). Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis: Apa, mengapa, dan bagaimana ditingkatkan pada mahasiswa. Euclid, 1(1).
Simamora, R. E., & Siagian, M. V. (2021). Penerapan Model Guided-Discovery Learning (GDL) dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra Pada Topik Geometri. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(11), 576-581.
Siregar, N. C. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MTSN 1 MEDAN (Doctoral dissertation, UNIMED).
Sohilait, E. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika.
Ulfah, M., & Felicia, L. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council Of Teachers Of Mathematics (NCTM) Pada Anak. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 127-143.
Published
2023-04-30