Kontribusi Materi Sejarah dalam Membangun Kesadaran Identitas dan Kewarganegaraan pada Pembelajaran IPS

  • Zulham Siregar STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Materi Sejarah, Identitas dan Kewarganegaran, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kontribusi materi sejarah dalam membangun kesadaran identitas dan kewarganegaraan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Metode penelitian yang digunakan adalah observasi terhadap proses pembelajaran, analisis dokumen, dan analisis tugas dan produk karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi sejarah memiliki peran penting dalam membangun kesadaran identitas dan kewarganegaraan siswa. Dalam pembelajaran sejarah, siswa dapat mempelajari peristiwa sejarah yang berpengaruh terhadap identitas mereka sebagai individu dan anggota masyarakat. Melalui pemahaman tentang asal-usul, budaya, dan nilai-nilai yang berasal dari sejarah, siswa dapat membangun kesadaran akan identitas mereka sendiri dan memperkuat rasa bangga terhadap warisan budaya mereka. Selain itu, materi sejarah juga membantu siswa mengenali nilai-nilai yang mendasari kehidupan sosial dan politik dalam masyarakat. Melalui pemahaman nilai-nilai tersebut, siswa dapat memahami esensi kewarganegaraan yang bertanggung jawab. Pembelajaran sejarah juga membantu siswa mengenali peran dan tanggung jawab mereka sebagai warga negara dalam membangun masyarakat yang lebih baik. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa materi sejarah memiliki kontribusi yang signifikan dalam membangun kesadaran identitas dan kewarganegaraan dalam pembelajaran IPS. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mendukung pengembangan kurikulum yang memperkuat pembelajaran sejarah dan penerapan strategi pengajaran yang relevan untuk memaksimalkan kontribusi materi sejarah dalam membangun kesadaran identitas dan kewarganegaraan siswa.

References

Anshori, S. (2016). Kontribusi ilmu pengetahuan sosial dalam pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).
Endayani, H. (2018). Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS. Ittihad, 2(2).
Hati, S. T. (2018). Hubungan Antara Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ips (Sumber Dan Materi Ips). Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep dasar IPS. Samudra Biru.
Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik. Deepublish.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).
Published
2022-04-30