Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Mahasiswa Dalam Praktek Pembelajaran

  • Elfi Lailan Syamita Lubis STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Nurul Hasanah STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Kiki Pratama Rajagukguk STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Aisah STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Lesson Study, Efektivitas, Praktek Pembelajaran

Abstract

Perubahan kurikulum menuntut profesionalisme dari berbagai pihak yang berhubungan dengan proses belajar mengajar yang meliputi guru/dosen, mahasiswa, metode pembelajaran, media, bahan ajar dan lainnya. Semua komponen tersebut harus saling mendukung dan melengkapi agar proses belajar mengajar dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas mahasiswa dalam praktek pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada mahasiswa ketika kelak menjadi pendidik yaitu dengan menggunakan lesson study sebagai inovasi pembelajaran. Lesson study adalah model pembinaan profesi pendidik yang dilakukan dengan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan dengan menerapkan berbagai metode/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi dan dilakukan oleh sejumlah pendidik dan pakar pembelajaran yang mencakup tiga tahapan yaitu melakukan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi dan evaluasi (see). Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester empat. Data yang diperoleh dengan observasi dan wawancara dianalisa dengan menggunakan persentase dan nilai. Hasil observasi pada pelaksanaan lesson study menunjukkan hasil cukup baik sedangkan penerapan lesson study dapat meningkatkan efektivitas mahasiswa dalam praktek pembelajaran.

References

Azhar, P. C., & Sugma, A. R. (2023). PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS SMARTPHONE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ISYARAT SISWA TUNARUNGU DI SDLB NEGERI 057704 KWALA BINGAI. Jurnal Genta Mulia, 14(1).
Lewis, Catherine C. 2002. Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc.
Lubis, ELS. 2020. Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran berbasis Tematik. Jurnal Sintaksis, 3(1): 1-8.
Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1): 171-187.
Rajagukguk, K. P., Hasanah, N., & Lubis, E. L. S. (2021). Pengembangan Media E-Learning IPA Berbasis Tematik Integratif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Sintaksis, 3(2), 1-11.
Rajagukguk, K. P., Sadri, M., Azhar, P. C., Sugma, A. R., & Habib, M. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Tematik Integratif Berbasis Discovery Learning Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 42-48.
Richardson, J. 2006. Lesson Study: Teacher Learn How to Improve Instruction. National Staff Development Counsil.
Sadri, M. (2019). Kompetensi Pedagogik Dosen dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(2), 162-172.
Sadri, M., Darsih, T. K., & Yusrah, Y. (2023). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1083-1091.
Satori, Djam’an. 2003. Implementasi Manageman berbasis Sekolah di Jawa Barat. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Sriyono, Joko. 2007. Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study. JPTK, 16(1): 96-116.
Sutowijoyo. 2016. Studi Penerapan Lesson Study dalam Peningkatan Efektivitas Praktek Pembelajaran di MTs Negeri Prigen. Jurnal Diklat Keagamaan, 10(4): 295-304.
Published
2023-04-30