Peran Pendidikan Sejarah Dalam Memperkuat Pendidikan Karakter Siswa

  • Zulham Siregar STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Sakura Alwina

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran pendidikan sejarah dalam meningkatkan pendidikan karakter di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana pendidikan sejarah berkontribusi pada pengembangan karakter dan nilai-nilai moral siswa. Melalui pendekatan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Temuan mengungkapkan bahwa pendidikan sejarah memainkan peran penting dalam membentuk karakter siswa dengan mempromosikan pemahaman mereka tentang peristiwa sejarah, menumbuhkan empati, pemikiran kritis, dan pengambilan keputusan etis. Studi ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan pendidikan sejarah ke dalam kurikulum dengan fokus pada pengembangan karakter dapat secara efektif memperkuat nilai-nilai moral siswa, keterampilan sosial, dan kesadaran kewarganegaraan. Ini merekomendasikan penerapan strategi pengajaran yang interaktif dan menarik, program pengembangan profesional guru, dan pemanfaatan beragam sumber sejarah untuk meningkatkan dampak pendidikan sejarah pada pembentukan karakter. Dengan mengakui pentingnya pendidikan sejarah dalam pengembangan karakter, pendidik dan pembuat kebijakan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif yang memelihara pertumbuhan karakter siswa dan mempersiapkan mereka untuk menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan etis.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Rasyid, A. (2018). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 13-25.
Rusli, H. (2023). METODE PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME SISWA. CV. DOTPLUS Publisher.
Siregar, Z. (2022). Partuha Maujana Simalungun (PMS): Lembaga Adat Penjaga Identitas Etnik Simalungun, 1964-1969. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 6(1), 59-68.
Siregar, Z., & Lubis, E. L. S. (2021). Penerapan Pembelajaran Karakter Peduli Sosial di STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Sintaksis, 3(1), 41-48.
Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan penting sejarah lokal sebagai objek pembelajaran untuk membangun kesadaran sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85-94.
Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter: Referensi Pembelajaran Untuk Guru Dan Siswa SMA/MA. Nusamedia.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Siregar, Z., Mashuri, K., Novianti, Y., Darliana, E., & Noverita, A. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di Sma Swasta Persiapan Stabat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100-107.
Published
2023-04-30