Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualizations (TAI) untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika

  • Zulfariuddin Matondang MA Negeri 2 Langkat
Keywords: Minat Belajar, Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana peningkatan minat belajar siswa pada proses pembelajaran di kelas XI MIPA-3 MA Negeri 2 Langkat (2) bagaimana peningkatan hasil belajar fisika siswa di kelas XI MIPA-3 MA Negeri 2 Langkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-3 MA Negeri 2 Langkat tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 22 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Waktu pelaksanaan penelitian ini berlangsung selama empat bulan yaitu dari bulan Januari 2022 sampai dengan bulan April 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan (tindakan), pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa pada pembelajaran fisika  siklus I pada penilaian kurang (C) mencapai 8 (22,22%), cukup (B) mencapai 21 (58,33%) dan baik (A) mencapai 7 (19,44%),  dan pada siklus II minat siswa dalam penilaian cukup (B)  mencapai 15(41,67%), dan baik (A) mencapai 19 (52,78%) demikian juga dengan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 72,72 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 23(61,11%) siswa dan pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 77,30 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 31 (86,11%).

References

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperativelearning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247-264. Lie, A, 2004. Cooperative Learning Mempratikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT Gramedia
Alwina, S., Solehuddin, M., & Sugandhi, N. M. (2019). EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI INTERPERSONAL REMAJA. Edusentris, 61(1), 13-24.
Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish. Gie, T L, 1981. Cara Belajar Yang Efisien. Jogjakarta : Gadjah Mada Univercity Press
Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.
Mulyatiningsih, E. (2015). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Modul Pelatiihan Pendidikan Profesi Guru: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Noverita, A., Darliana, E., Darsih, T. K., Mashuri, K., Siregar, Z., Novianti, Y., ... & Alwina, S. (2022). SOSIALISASI AKSI SOSIAL PEMBERSIHAN LINGKUNGAN DI DESA JARING HALUS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 23-28.
Shafa, I., Siregar, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2754-2761.
Siregar, Z., Darliana, E., Novianti, Y., Habib, M., Mashuri, K., Azhar, P. C., ... & Sadri, M. (2021). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Mengajar Siswa Di Smk Al Maksum 2 Pulau Kampai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 102-109.
Wibawa, B. (2003). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2572-2721.
Published
2022-12-31