Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas XI MIPA

  • Desima Rosalina Sitorus SMA Negeri 1 Stabat
Keywords: Model Pembelajaran, Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana aktivitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA-2 yang berjumlah 36 orang peserta didik yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Instrumen penelitian menggunakan tes, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik,  siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik 59,17 dengan presentase ketuntasan 58,33%, siklus II meningkat menjadi 77,42 dan presentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 88,89%. Dengan demikian peneliti merekomendasikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik pada materi pokok isi teks prosedur dan struktur teks prosedur.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian tindakan kelas. Bumi aksara, 136(2), 2-3.
Ayubi, A, I, I., Erwanudin, Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1 (3): 2614-2155.
Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.
Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy. 6 (2): 189-203.
Haryati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Proses Sains serta Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Ekologi. Tesis : Program Pascasarjana Unimed.
Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pengajaran berdasarkan masalah.
Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory into practice, 41(4), 212-218. Kurniati, D., Harimukti, R & Jamil, A, N. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20 (2) : 142- 155.
Mailizar, N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Virus Kelas X MAN 4 Aceh Besar. Skripsi: Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Nendissa, S. J., Tyaningsih, R. Y., Hazin, M., Lestari, N. D., Syahfitri, D., Ferdiansyah, D. S., ... & Kusumaningsih, A. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan.
Noverita, A., & Siregar, Z. (2020). Hubungan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Oleh Guru Geografi pada Materi Bumi dan Jagad Raya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Berbasis Sosial, 1(2), 19-25.
Sugma, A. R., & Azhar, P. C. (2021). PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDIDKAN KARAKTER MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KECAMATAN STABAT. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 155-164.
Sulamiasih, N. K., & DANTES, D. N. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Gugus II Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish. Sugiyono, A. (2012). Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta. Sugiyono, A.(2013), Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Published
2022-12-31