DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP BISNIS PENDIDIKAN NON-FORMAL DAN STRATEGI BERADAPTASI DIERA NEW NORMAL

  • Nurhamimah Rambe STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Kiki Pratama Rajagukguk STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Mustafa Habib STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis dampak dari pandemi Covid-19 terhadap bisnis pendidikan non-formal dan strategi untuk beradaptasi di era new normal. Kajian studi terfokus kepada strategi tepat guna yang dapat diaplikasikan bisnis pendidikan non-formal seperti lembaga bimbingan belajar sehingga bisa bangkit kembali dari keterpurukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif yang bersifat uraian dari hasil pengamatan dan studi dokumentasi. Pada tahap analisis, data-data yang diperoleh diolah dengan melakukan proses penyederhanaan kata agar mudah dipahami dan dibaca. Subjek penelitian menjadi sumber informasi utama, pengambil subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik penarikan sampel bola salju (snowball samping). Penelitian ini menggunakan keabsahan data yang dilakukan secara triangulasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Metode pengumpulan data khususnya penelitian kualitatif yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat dilakukan antara lain pembatasan jumlah peserta didik di setiap kelas, pembukaan kelas privat bagi peserta didik, penurunan biaya pendaftaran dan administrasi, serta promosi lembaga bimbingan belajar. Dengan penerapan metode tersebut, diharapkan mampu menarik minat orang tua peserta didik terhadap lembaga bimbingan belajar sebagai salah satu sarana pendidikan non-formal bagi anak-anaknya.

References

T. S. Ezizwita, “Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal,” J. Ekon. dan Bisnis Dharma Andalas, vol. 23, no. 1, pp. 51–63, 2021.
D. N. Novianita Rulandari, Nur Fitri Rahmawati, “Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal,” in Prosiding Seminar Stiami, 2020, vol. 7, no. 2, pp. 21–28.
S. D. Saribu, “Tantangan dan Solusi Bisnis UMKM di Era New Normal.”
I. Shaferi and M. Pinilih, “Pergeseran Fokus Usaha Sebagai Strategi Baru Umkm Dalam Menghadapi New Normal,” J. Pro Bisnis, vol. 13, no. 2, pp. 1–10, 2020.
F. S. M. Istiatin, “Sosialisasi Berbagai Peluang Usaha Umkm Dan Ekonomi Kreatif Di Era New Normal Di Dusun Pinggir Desa Telukan Sukoharjo,” J. Budimas, vol. 03, no. 01, pp. 129–140, 2021.
R. H. S. Aji, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, pp. 395–402, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
M. T. L. M. & Y. N. A. Anava Salsa Nur Savitri, Ahmad Ulil Albab Al Umar, Ana Fitriani, “Dampak dan Strategi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di Masa Pandemi Dan Era New Normal,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 7, pp. 1433–1437, 2020.
L. R. Madhani, K. A. Sari, D. K. Rahmawati, and D. S. Rozakiyah, “Dampak adanya pandemi bagi Lembaga Bimbingan Belajar (LBB),” J. Integr. dan Harmon. Inov. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 1, no. 4, pp. 399–407, 2021, doi: 10.17977/um063v1i4p399-407.
U. Sidiq, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Cetakan Pe. CV. Nata Karya, 2019.
H. Retnawati, “Teknik Pengambilan Sampel,” Yogyakarta, 2017.
Published
2021-12-31