PERAN TEKNOLOGI DAN KESIAPAN DUNIA PENDIDIKAN DALAM MENGHADAPI NEW NORMAL

  • Haryati STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Azrina Purba STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia

Abstract

Kajian ini menggunakan metode literatur yang bersifat deskriptif-analitis. Literatur yang digunakan dalam kajian ini yaitu bersumber dari buku, artikel ataupun jurnal online yang sesuai dengan kajian yang dibahas dalam kajian ini. Langkah-langkah yang dilakukan dalam kajian literatur ini diantaranya mendefinisikan ruang lingkup topik yang akan di review, mengidentifikasikan sumber-sumber yang relevan, mereview literatur, menulis literatur dan mengaplikasikan literatur pada kajian yang akan dilakukan. Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggambarkan atau mendeskripsikan problematika pembelajaran pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Penerapan desain ini dilakukan dengan mengumpulkan data  dan menyajikan data secara objektif. Hasil yang diperoleh pada kajian ini dilihat dari 3 hal  (1) peran teknologi dalam pembelajaran daring, yaitu tekhnologi dalam pendidikan adalah suatu kedisiplinan yang digunakan untuk memfasilitasi proses pengelolaan proses belajar mengajar peserta didik dalam pembelajaran yang baik; (2) Kesiapan dunia pendidikan dalam mengadapi new normal, transformasi model pembelajaran secara tiba-tiba yang bermula dari model konvensional menjadi berbasis online mengakibatkan kurangnya persiapan yang matang sehingga pembelajaran online saat ini belum bisa dikatakan optimal; (3) Dampak positif pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19, yaitu dengan adanya pembelajaran secara online meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia bahwa pentingnya suatu teknologi itu diciptakan.

 

References

Agus Suprijono, Dkk. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal. IAIN Parepare Nusantara Press.
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana,
Azzahra, N.F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Center for Indonesian Policy Studies (CIPS).
Basar, A, M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(1): 208-218.
Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Sistem Pendidikan RI No. 20. (2004). Jakarta: Sinar Grafika.
Firmansyah, Y & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah dan Peserta Didik. Jurnal Buana Ilmu. 4(2):99-112.
Indra, I, M & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Deepublish.
Latip, (2020). “Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19.
Mutharahah, A. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. 17(2):188-198.
Rifauddin, M. (2016). Pengelolaan arsip elektronik berbasis teknologi. Khizanah
Al.
Salsabila, U, H., Wati, R, R., Masturoh, S & Rohmah, A,N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dimasa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(1):127-137.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. Hal: 1-6.
Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: dari Konvensional ke Daring. Jurnal Buana Ilmu. 4(1):112-118.
Published
2021-12-31