PENGARUH MATA KULIAH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA PRODIPENDIDIKAN IPS SEMESTER V DI STKIP AL MAKSUM LANGKAT

  • Kahar Mashuri STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Siti Nur Azizah STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia

Abstract

Pendidikan Kepramukaan merupakan pembelajaran yang tidak bisa terpisahkan dari sistem pendidikan. Kepramukaan juga merupakan pendidikan untuk membentuk sifat, moral, serta kecerdasan sosial guna mewujudkan generasi yang memiliki sifat, moral yang baik. Adapun latar belakang dalam penelitian ini yaitu dengan adanya kenyataan mahasiswa/i yang kurang memahami materi yang di ajarkan oleh dosen mata kuliah pendidikan kepramukaan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pendidikan kepramukaan terhadap pembentukan karakter Mahasiswa/i Semester V Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di STKIP Al Maksum Langkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) mengetahui kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran Pendidikan kepramukaan. (2) mengidentifikasi hambatan yang terjadi pada saat pembelajaran pendidikan kepramukaan. (3) memaparkan karakter mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah pendidikan karakter. Adapun manfaat penelitian ini yaitu dapat menemukan pengetahuan yang baru tentang manfaat mata kuliah pendidikan kepramukaan dan sebagai dasar penelitian selanjutnya (manfaat teoritis). Selanjutnya bagi mahasiswa, hasil penelitian ini dapat menjadi pengetahuan baru tentang manfaat pramuka untuk menanamkan karakter (Manfaat Praktis). Dalam penyusunan penelitian ini peneliti menggunakan metode Deskriftif Kualitatif. Peneliti juga melaksanakan observasi langsung dikelas pada saat pembelajaran kepramukaan dan wawancara terhadap mahasiswa/i semester 5 Prodi Pendidikan IPS dan dokumentasi dan untuk menunjang penelitian ini peneliti menambahkan hasil angket yang di berikan kepada Mahasiswa/i Semester V Prodi IPS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) mahasiswa/i semester V Prodi Pendidikan IPS mengikuti mata kuliah pendidikan kepramukaan hanya untuk memenuhi SKS yang ada pada perkuliahan. (2) hambatan yang dirasakan mahasiswa/i Semester V Prodi Pendidikan IPS yaitu sistem perkuliahan yang daringĀ  menjadikan kurang nya pemahaman di Mata Kuliah Pendidikan Kepramukaan. (3) karakter mahasiswa/i semester V Prodi Pendidikan IPS setelah mengikutiĀ  mata kuliah kepramukaan masih juga dikatakan belum sesuai dengan yang diinginkan.

References

Darsih, T. K. (2019). ANALISIS PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN, SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKUNTANSI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN LANGKAT DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Jurnal Sintaksis, 1(1), 10-10.
Redmon Windu Gumati, M. Ag. (2020). Pengantar Pendidikan Kepramukaan Di Perguruan Tinggi. Widina Bhakti Persada Bandung.
Rifki Afandi dan Luluk Iffatur Rocmah (2015). Pramuka Sebagai Wadah Mengembangkan Life Skill Mahasiswa Calo Guru Pada Perguruan Tinggi LPTK. Journal Pedagogia ISSN 2089-383. Vol.4, No.2.
Saipul Ambri Damanik, Suryadi Damanik, Asep Suahrta dan Muhammad Irfan (2017). Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Terhadap Kedisiplinan Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FIK UNIMED. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Vol.16 (2).
Sugma, A. R. (2019). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kematangan Karir Siswa SMK Swasta Al-Maksum Stabat. Jurnal Sintaksis, 1(1), 6-6.
Sri Arfiah,Bambang Sumardjoko dan Agus Prasetyo. Model Penguatan Karakter Melalui Perkuliahan Kepramukaan Pada Mahasiswa PPKN sebagai Upaya Peningkatkan Mutu Lulusan. The Progressive and Fun Education Seminar. ISBN: 978-602-361-045-7
Siti Hartina, (2019). Pengaruh Mata Kuliah Pendidikan Kepramukaan Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Prodi PGMI Di Kampus IAIN Bengkulu. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Siregar, Z., & Lubis, E. L. S. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI STKIP AL MAKSUM LANGKAT. Jurnal Sintaksis, 3(1).
Published
2021-12-31