PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Unita Sukma Zuliani Nasution Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
Keywords: Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika menggunakan model pembelajran problem based learning dan pembelajaran dengan model pembelajaran direct instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dan kenampuan berpikir kritis dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika siswa dengan hasil interaksi pada kelas problem based learning sebesar 10,49 lebih baik dibanding direct intruction. Namun perbedaan kemampuan pemecahan masalah dengan kemampuan berpikir kritis tinggi kelas eksperimen tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hal tersebut dikarenakan kelas direct instruction  yang berperan dominan dalam proses pembelajaran adalah tingkat kemampuan berpikir kritis sedangkan di kelas problem based learning yang berperan dominan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran PBL

References

Dwi, I, M., Arif, H., & Sentot, K. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9 : 8-17
Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis:Sebuah Pengantar. Terjemahan oleh Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.
Harahap, M.B. (2013). Strategi Pembelajaran Fisika. Medan: Unimed
Heller,P. (1991). Teaching Problem Solving Through Cooperative Grouping Part I: Group Versus Individuals Problem Solving. Am.J.Phys.60,627-636.
Indrawati. (2000). Keterampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dari Teori ke Praktis. Depdikbud: Bandung.
Jonassen. (2004). Learning to Solve Problems, An Instructional Desaign Guide. San Fransisco : John Wiley & Sons, Inc
Joyce, B. (1992). Models of Teaching (fourth ed.). Massachusetts: Allyn and Bacon.
...............(2000). Models of Teaching (Sixth ed.). Boston: Allyn and Bacon.
…..…… (2011). Models of Teaching (Sixth ed.). Boston: Allyn and Bacon
Joko,Tri, Wakhid Ahdinirwanto, Arif Maftukhin. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2012/2013.
Liliasari (2005). Membangun Keterampilan Berfikir Manusia Indonesia Melalui Pendidikan Sains. Naskah Pidato Pengukuhan jabatan Guru Besar Tetap Dalam Ilmu Pendidikan IPA pada Fakultas FMIPA UPI : Bandung.
Ormrod, Jeanne Ellis.(2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Permendiknas No 22 Thn (2006). Standar isi SMP
Polya, G. (1985). How To Solve It. 2nd ed., Princeton University Press, ISBN 0-691-08097-6. (online). Tersedia : http://www.math.utah.edu/~pa /math/polya..html [20 Nopember 2013]
Posamentier, Alfred S. and Jay Steppelman.(1999). Teaching Secondary Mathematics : technique and Enrichment Units. New Jersey : Prenticehall, Inc.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta :PT Gelora Aksara Pratama Erlangga
Selcuk, S, G., Caliskan, S., Erol, M. (2008). The Effects of Problem Solving Instruction on Physics Achievement, Problem Solving Performance and Strategy Use. Lat. Am. J. Phys. Educ, 2 (3) : 151-166. Tersedia : http://www.journal.lapen.org.mx [29 Nopember 2013]
Siregar, Z., & Lubis, E. L. S. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI STKIP AL MAKSUM LANGKAT. Jurnal Sintaksis, 3(1), 41-48.
Published
2020-12-30