PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI SISWA DI SMP AL MAKSUM LANGKAT

  • Wina Mariana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Bunga Widya Lestari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Ary Anggara Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar, IPA, Metode Inkuiri

Abstract

Untuk melaksanakan situasi ada 2 Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar untuk mengetahui peningkatan pembelajaran IPA Materi suhu dan perubahannya dengan menerapkan Metode Inkuiridi Kelas VII SMP AL Maksum Langkat. Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus 1 dilaksanakan selama periode Februari s/d Maret 2020. Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dengan proses pembelajaran didalam kelas dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Berdasarkan dari kegiatan perbaikan pembelajaran pada Siklus 1 maupun Siklus 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode  Inkuiri berlangsung efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang pada waktu pra siklus nilai rata-rata 64,26 meningkat pada waktu siklus 1 85,68 dan pada waktu siklus ke 2 mencapai 100. Dari hasil peningkatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di SMP AL-Maksum Langkat.

References

Mukhlis, M. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Everyone Is A Teacher Here Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 4(1).
Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.
Setyawan, W. A., & Susatyo, Y. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Pendekatan SAVI(Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). In Prosiding Seminar Nasional.
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.
Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif. Niaga Swadaya.
Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(01), 113-136.
Surur, A. M. (2020). Ragam Strategi Pembelajaran, Dilengkapi Dengan Evaluasi Formatif. Cv. Aa. Rizky
.Ekayati, R. (2018). Implementasi Metode Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(2).
Ritiauw, S. P., & Salamor, L. (2016). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sosial Inkuiri. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(1), 42-56.
Sabri, T. (2013). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Inkuiry di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 6 Emang Bemban. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3).
Nurmala, M., Salimi, A., & Sabri, T. (2014). Peningkatan Aktivitas Murid dalam Pembelajaran Matematika menggunakan Metode Inkuiri di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7).
SISWANTO, E. (2017). Komparasi Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 Di Mi Se Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri (Doctoral Dissertation, IAIN Tulungagung).
Syahidumajid, M. P. (2021). Pertanggungjawaban PT How Are You Indonesia Atas Tindakan Pencemaran Limbah Tekstil Di Lingkungan Masyarakat Cimahi Dikaitkan Dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (Doctoral Dissertation, Fakultas Hukum Universitas Pasundan).
Published
2020-04-30