PENGARUH MODEL LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL HIKMAH

  • Diah kesumawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
Keywords: Hasil Belajar, Biologi, Model Learning Starts With A Question

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 34 siswa. Sampel penelitian dilakukan dengan total sampel.Nilai rata-rata post-test 77,56 dan nilai standart deviasinya adalah 9,08, berdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-test dengan nilai rata-rata post-test dari 64,22 menjadi 77,56 pada nilai standart deviasi, saat pre-test 8,43 menjadi 9,96 pada saat post-test. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 16,69 sedangkan nilai ttabel = 1,64 sehingga thitung > ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem dikelas X Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan.

References

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyanti dan Mujdiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Priadi, dan Silawati. 2007. Sains Biologi SMA Kelas X. Jakarta Timur: Yudistira.
Silberman. 2007. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Published
2021-12-03