PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD BERBASIS MULTI MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA

  • Unita Sukma Zuliani Nasution Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Riski Fajar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Ikbal Maranggi Lubis Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Penguasaan Konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia interaktif terhadap Penguasaan konsep siswa pada materi termodinamika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Stabat. Sampel yang terpilih adalah dua kelas yang diambil secara simple random sampling yang berjumlah 73 siswa dengan rincian 37 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Data penelitian diambil melaui pemberian pretest dan posttest menggunakan soal kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis N-gain untuk mengetahui prosentase peningkatan kemampuan pemecahan masalh siswa pada masingmasing kelas dan analisis ANAVA untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD berbasis multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep siswa pada materi termodinamika. Hasil analisis N-gain menunjukkan nilai mencapai 70% pada kelas ekperimen yang menunjukkan peningkatan penguasaan konsep siswa dan bearada pada kategori tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol peningkatan penguasaan konsep siswa mencapaian nilai 50% yang berada pada kategori sedang. Analisis ANAVA pada taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,000 < 0,05 dari taraf signifikansi yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis ANAVA diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran Termodinamika berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa.

References

Bobby, D. (1999). Quantum Learning. Jakarta: Kaifa
Borg, W. & Gall, M.D. 1983. Educational Research; An Introduction. 4th Edition. New York: Longman Inc.
Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Gunawan. (2008). Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Calon Guru Pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol. 2 No. 1, 11 – 21.
Gunawan. (2011). Model Multimedia Interaktif Elastisitas dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan IKIP Mataram. Vol 10 (1) 29 – 37.
Haryati ; Hubungan pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi Fungi di SMA Swasta Persiapan Stabat.
Huffman, D. (1997). Effect of explicit problem solving instruction on high school students’ problem-solving performance and conceptual understanding of physics. Journal of Research In Science Teaching Vol. 34, No. 6, Pp. 551–570 (1997).
Ibrahim, M dan Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.
Kesumawati, Diah ; Pengaruh Model Pembelajaran Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Madrasah Aliyah Modern Darul Hikmah.
Parinduri Mariana Wina ; Pengaruh Interaksi Antara Pendekatan Contextual Teaching And Learning Approach Dan Minat Berwirausaha Terhadap Hasil.
https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/140
Rambe Rahmayanti Titin; Pengaruh Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Minat, Perhatian Dan Motivasi Siswa/I Pada Pokok Bahasan Unsur, Senyawa Dan Campuran Di MTsN 1 Medan.
https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/139
Zuliani Sukma Unita; Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Termodinamika.
Published
2021-12-03