ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA NEGERI 1 STABAT

  • Haryati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Sistem Eksresi Manusia

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Sampel yang digunakan adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Variabel yang diukur adalah kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari skor post test yang diuji. Aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif persentase. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji menunjukkan bahwa pembelajaran biologi model Problem Based Learning memiliki hubungan yang kuat terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis aktivitas siswa secara deskriptif menunjukkan bahwa kelas ekskperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran biologi model problem based learning berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir kritisĀ  siswa.

References

Haryati, (2019) pengaruh model pembelajaran terhadap sikap ilmiah biologi siswa pada materi ekologi, Jurnal Pendidikan Pembelajaran Terpadu (JPPT ) Vol 01 (02) ISSN 2684-9216.
Retno nungky widyastuti, (2019) analisis kemampuan berpikir kritis materi sistem ekskresi, Skripsi,Palembang, Universitas Muhammadiyah Palembang
Wahyu Arini1, Fikri Juliadi (2018) analisis kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika, jurnal STKIP PGRI Lubuklinggau, Sumatera selatan, Vol 10 (01) ISSN 2085-0409.
Kurniahtunnisa, Nur Kusuma Dewi, Nur Rahayu Utami, (2016 ) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem ekskresi, Journal of Biology Education, Vol 05 (03) ISSN 2252-6579.
Eliza marsela, (2019) analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ipa, Skripsi, Palembang, Universitas Muhammadiyah Palembang
Aeni, Riska Nuril, (2020 keefektifan model problem based learning berbantuan artikel ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi, Skripsi, Semarang , Univrsitas Islam Negri Semarang
Published
2020-04-30