Sintaksis

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 STABAT

  • Haryati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
Keywords: ROPES, Sistem Gerak Manusia, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran ROPES serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran ROPES terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem gerak manusia kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Stabat. Instrumen penelitian ini berupa soal sebanyak 25 item dengan 5 pilihan ganda. Untuk pengolahan data terlebih dahulu dicari nilai rata-rata (mean) dari data evaluasi belajar siswa yang menggunakan model ROPES dengan KKM 70,0. Hasil belajar siswa kelas XI IPA dengan menggunakan model pembelajaran ROPES terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sistem gerak pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Stabat.

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Etika Profesi, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009.

G. B. Sinaga dan Usler S, Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Berbantu Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Kelas X Semester II SMAN 11 Medan T.P. 2013/2014, Medan: Universitas Negeri Medan, 2014, Vol. 2, No.3,http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/1989/1667

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Rusman, Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011), Cet ke-4.

Rambe, T, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran yang Mampu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dan Karakter Komunikatif serta Rasa Ingin Tahu pada Materi Kimia Larutan. Jurnal Sintaksis. 1(1).

Rizki Zahara, 2016, Penerapan Model ROPES yang diiringi Pemberian Reward dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Kelas VII MTsS Darussyari’ah Banda Aceh, https://repository.ar-raniry.ac.id.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), Cet ke-3.

Published
2019-12-30