PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

  • Titin Rahmayanti Rambe Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Asih Wahyuni Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
  • Ripa Dayanti Br Ginting Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif. Group Investigation. IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPA di MIN 9 Medan. Penelitian yang gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kolaborasi dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilaksankan dalam 3 pertemuan. Subjek dalam penelitian terdiri dari 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh hasil keterlaksanaan model pembelajaran mengalami peningkatan di setiap siklus I sebesar 66,0% dalam kategori cukup menjadi72,5% pada siklus II dalam kategori baik. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,4% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 80,7 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan IPA siswa kelas V MIN 9 Medan

References

Anderson, Ronald H., (1994). Pemilihan dan Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada,.
Al’Amin, M., (2003). Belajar dan Pembelajaran. Pdf-Adobe Reader
Arikunto, S., (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A., (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Haryati ; Hubungan pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi Fungi di SMA Swasta Persiapan Stabat
Kesumawati, Diah ; Pengaruh Model Pembelajaran Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Madrasah Aliyah Modern Darul Hikmah
Parinduri Mariana Wina ; PENGARUH INTERAKSI ANTARA PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING APPROACH DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL
https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/140
Rambe Rahmayanti Titin ; PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MINAT, PERHATIAN DAN MOTIVASI SISWA/I PADA POKOK BAHASAN UNSUR, SENYAWA DAN CAMPURAN DI MTsN 1 MEDAN
https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/139
Saroso, S., (2008). Upaya Pengembangan Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia, http://media.diknas.go.id/media/document/5650.pdf.
Winarji, B., (2009). Pembuatan Media Pembelajaran Yang Inovatif, Optimalisasi Penggunaan Media Pendidikan dalam Pembelajaran, Dipresentasikan pada Seminar Nasional. Unimed: Prosiding Me.
Zuliani Sukma Unita ; Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Stad berbasis multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep siswa pada materi termodinamika