PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MINAT, PERHATIAN DAN MOTIVASI SISWA/I PADA POKOK BAHASAN UNSUR, SENYAWA DAN CAMPURAN DI MTs N 1 MEDAN

  • Titin Rahmayanti Rambe STKIP Al Maksum Langkat

Abstract

Kimia merupakan ilmu yang termasuk rumpun IPA, dan dalam pelaksanaan proses pengajaran kimia yang selama ini berlangsung menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tampak kurang berminat, kurang bergairah dan cenderung tidak aktif. Hal ini ditunjukkan oleh sikap yang kurang antusias ketika pelajaran akan berlangsung, terjadi rendahnya respon umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan dan penjelasan guru serta kurangnya pemusatan perhatian. Salah Satu alternatif media pembelajaran adalah Media komputer yang dapat digunakan sebagai pembelajaran yang interaktif dan menarik yang dapat menimbulkan minat siswa sehingga media komputer dapat mengoptimalkan dalam membantu minat dan meningkatkan pemahaman siswa serta merangsang pikiran siswa terhadap materi pelajaran. Seperti Halnya Media Komputer dapat bekerja atau dijalankan karena ada software/ program di dalamnya. Software/ program yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, misalnya dalam pembelajaran multimedia, adalah microsoft office (microsoft word, microsoft excel dan microsoft powerpoint), software design photo, editing film dan macromedia flash. Macromedia Flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para desainer untuk menghasilkan desain yang professional. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah penggunaan angket untuk mengungkap respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan media komputer dengan Macromedia Flash 8. Setiap siswa diminta untuk menjawab suatu pernyataan dengan jawaban yaitu : Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Masing-masing jawaban dikaitkan dengan nilai, SS= 4, S= 3, TS= 2 dan STS= 1 dengan hasil rata-rata skor kelayakan dari indikator ketertarikan media sebesar 84.54%, sehingga media pembelajaran berbantuan komputer yang dirancang layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran pada materi Unsur, Senyawa dan Campuran. Jadi, disimpulkan bahwa dengan adanya media ini minat, perhatian dan motivasi siswa semakin meningkat.

Published
2021-04-30