PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 REVISI KEPADA GURU-GURU DI SMK AL-IKHLAS PANGKALAN SUSU KAB. LANGKAT

  • Trysanti Kisria Darsih STKIP Al Maksum Langkat
  • Kahar Mashuri STKIP Al Maksum Langkat
  • Yusrah STKIP Al Maksum Langkat
  • Nurul Hasanah STKIP Al Maksum Langkat
Keywords: kurikulum 2013 revisi, rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp), pembelajaran hots, keterampilan abad 21, gerakan literasi nasional

Abstract

Pelatihan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi disinyalir mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil
pendidikan, mengingat RPP sangat berkaitan dengan proses pembelajaran didalam kelas sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan dan sumber daya manusia Indonesia yang siap bersaing di dunia global. Kurikulum 2013 Revisi merupakan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter, Kecakapan Berfikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS), Keterampilan abad 21, dan Gerakan Literasi Nasional. Faktanya, masih banyak guru yang belum mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 Revisi dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan pada setiap mata pelajaran belum tercapai. Dalam hal inilah, pengabdi menilai pentingnya melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan RPP bagi guru di SMK sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Adapun pelaksanaan kegiatan pelatihan ini menggunakan dua metode pembelajaran, yaitu: Pertama, ceramah tatap muka tentang teori pembelajaran berbasis HOTS, keterampilan abad 21, dan literasi nasional, dan Kedua, Tutorial penyusunan RPP berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Pada umumnya guru sangat antusias dengan adanya pelatihan ini yang dibuktikan dengan banyaknya guru yang bertanya tentang pembelajaran HOTS, keterampilan abad 21, nilai-nilai karakter dan Gerakan Lite rasi Nasional, seperti apa penerapannya di dalam pembelajaran. Mereka menanyakan apa saja hal-hal yang mereka hadapi ketika menyusun RPP berdasarkan kurikulum 2013 revisi mulai dari kendala dalam menganalisis keterkaitan SKL, KI, dan KD, keterkaitan KD, IPK, Tujuan Pembelajaran, dan Materi Pembelajaran, Penerapan Model Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar sampai dengan kendala finansial dan waktu yang terbatas. Dalam hal ini tim pengabdi harus dapat memotivasi guru untuk berusaha menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi dengan efektif dan efisien. Harapannya setelah pelatihan ini guru dapat menyiapkan RPP berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi, dan akan terus dikembangkan di kemudian hari.

Published
2020-04-22
Section
Articles