PENGENALAN SAINS SEJAK DINI MELALUI PENDEKATAN OPEN INQUIRY DI PAUD SKA-PKPA KELURAHAN LALANG KECAMATAN MEDAN SUNGGAL KOTA MEDAN

  • Wina Mariana Parinduri STKIP Al Maksum Langkat
  • Titin Rahmayanti Rambe STKIP Al Maksum Langkat
Keywords: Pendidikan anak usia dini (PAUD),Sains, Pendekatan Open Inquiry

Abstract

Sains merupakan suatu cara untuk mempelajari berbagai aspek-aspek tertentu dari alam secara terorganisir, sistematik & melalui berbagai metode saintifik yang terbakukan. Sains bisa tidak ada gunanya bagi seseorang jika dipelajari dengan cara yang salah; Menghafal rumus tanpa mengerti konsep, menghafal berbagai metode untuk mengerjakan soal, dan sebagainya adalah salah satu contoh bentuk kesalahan dalam mempelajari Sains. Salah satu pendekatan yang banyak digunakan dalam pengenalan sains untuk anak usia dini adalah pendekatan Open Inquiry. Pendekatan ini tidak betujuan mengajarkan suatu konsep sains kepada anak, tetapi lebih mengajak anak melakukan eksplorasi terhadap fenomena alam melalui interaksi langsung dengan obyek. Anak berlatih melakukan observasi, memanipulasi obyek, mengukur,mengklasifikasi obyek, melakukan percobaan sederhana, dan dilanjutkan dengan mengkonstruksi pengetahuan sesuai dengan pola pikirnya yang masih sinkretik. Oleh sebab itu, pengabdian melalui pengenalan ini dilaksanakan pada PAUD SKA-PKPA Kelurahan Lalang,kecamatan Medan Sunggal Kota Medan sebagai salah satu penerapan Tri Dharma STKIP Al – Maksum bagi masyarakat.

Published
2021-04-30
Section
Articles