TRAINING FOR ENGLISH TRAINER: BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN ANAK DALAM PEMEROLEHAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING

  • Maitri Rahmadhani STKIP Al Maksum Langkat
  • Fernando De Napoli Marpaung STKIP Al Maksum Langkat
Keywords: pemerolehan bahasa kedua, Anak-anak, Hand Puppet.

Abstract

Adanya fakta bahwa siswa-siswa pada tingkat Sekolah Dasar ini baru saja
mempelajari Bahasa Indonesia-sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi
negaradimulai dari menuliskan huruf, melafalkan huruf, membaca, hingga menulis
kompleks, tentu menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk tidak
menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pokok. Tentu akan sangat
mengejutkan bagi psikologis mereka apabila bahasa asing seperti Bahasa Inggrisyang
lafal hurufnya berbeda dengan Bahasa Indonesia serta penulisannya berbeda
dengan cara melafalkannya-ditempatkan menjadi mata pelajaran pokok. Kondisi ini
diperparah lagi dengan tidak meratanya sarana dan Sumber daya Manusia (SDM)
berupa instruktur/trainer pada daerah-daerah tertentu. program Pengabdian Kepada
Masyarakat (PKM) ini dilakukan untuk menjawab beberapa permasalahan mitra,
yaitu: 1)Apa cara untuk memaksimalkan anak dalam pemerolehan bahasa Inggris?
2)Bagaimana penerapan cara/metode yang dimaksud dalam poin 1 agar tepat guna
bagi siswa SD di tempat mitra pengabdian berada? Adapun peserta latih dalam
PKM ini adalah trainers bahasa Inggris dan siswa-siswi SD dengan jadwal program
dilakukan selama 1 minggu. Hasil yang diperoleh adalah Metode yang diberikan
dengan menggunakan Hand Puppet (Boneka Tangan) sangat efektif ditreatmentkan
pada anak-anak. Anak-anak terlihat lebih rileks saat diberikan materi-materi pada
saat pelatihan. Mereka juga terlihat antusias menanggapi para trainers dan
pengabdi.

Published
2020-12-23
Section
Articles