Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis HOTS Untuk Guru SD Kelas Rendah

  • Kiki Pratama Rajagukguk STKIP Al Maksum Langkat
  • Nurul Hasanah STKIP Al Maksum Langkat
  • Rati Ashari STKIP Al Maksum Langkat
  • Siska Utami Prodi PGSD , STKIP Al Maksum Langkat
Keywords: Pelatihan, Soal, Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis research and develoment (penelitian pengembangan)
yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru tentang
konsep dan karakteristik penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) secara
mendalam dan untuk meningkatkan keterampilan para guru dalam mengembangkan
penilaian dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pelaksanaan pendampingan
klasikal dan individual dalam upaya meningkatkan kompetensi guru SD kelas rendah.
Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan melalui enam tahap, yaitu; (1) Tahap
observasi, (2) Tahap ceramah dan diskusi, (3) Tahap demonstrasi, (4) Tahaplatihan
terbimbing, (5) Taha pevaluasi program, dan (6) Tahap keberlanjutan program. Luaran
dari pelatihan ini adalah diperolehnya penguasaan ilmu pengetahuan dari guru tentang
bagaimana cara membuat soal berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Pelatihan
dilengkapi dengan power point tentang Hakikat Higher Order Thinking, ranah
pengetahuan yang termasuk dalam Higher Order Thinking Skill (HOTS), Tips membuat
soal Higher Order Thinking Skill (HOTS), dan contoh soal berbasis Higher Order
Thinking Skill (HOTS). Dalam pelatihan ini juga dilengkapi dengan instrument
pembuatan kisi-kisi soal dan instrumen pembuatan soal Higher Order Thinking Skill
(HOTS). Hasil kegiatan pengabdian diperoleh kumpulan soal yang telah di analisis oleh
guru dan telah diarsipkan pada bank soal sekolah.

Published
2020-12-23
Section
Articles