MENERAPKAN KARAKTER BERGOTONG ROYONG, TOLERANSI DAN SIKAP CINTA TANAH AIR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP SWASTA AL MAKSUM STABAT

  • Eka Darliana STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Karakter, Gotong Royong, IPS

Abstract

Pembelajaran IPS menjadi landasan penting bagi perkembangan intelektual,
emosional, budaya, dan sosial peserta didik. Jumlah masalah sosial mungkin
disebabkan oleh terlalu rendahnya pendidikan IPS. Dengan metode penelitian
studi kasus kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan fokus adalah: Bagaimana cara belajar,
membentuk karakter gotong royong, toleransi, sikap cinta tanah air dalam
pembelajaran sosial siswa di SMP Swasta AL Maksum. Hasil wawancara
diperoleh dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMP Swasta AL
Maksum. Proses mengintegrasikan pendidikan karakter gotong royong, toleransi
dan cinta tanah air dengan mata pelajaran IPS sehingga guru akan lebih mudah
untuk mengintegrasikan ke dalam materi yang akan diajarkandan dalam
menerapkan siswa di kelas, memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam
Sehingga RPP menjadi satu kesatuan yang nantinya peserta didik dapat
membentuk sikap sosial dalam proses pembelajaran sosial yang berlangsung di
SMP Swasta AL Maksum.

References

Basri, Yusmar, dkk. 1997. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah
Lanjutan Tingkat Pertama untuk Siswa Kelas 1. Jakarta: Balai Pustaka.
Basuki, S. (2011). Pembentukan Karakter Melalui Modifikasi Permainan Dalam
Pembelajaran Pedidikan Jasmani. Jurnal ILARA, 2.
DevelopmentallyAppropriate Pratice) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam. In Skripsi .
Jati, G. S. (2015). Meningkatkan Toleransi Siswa Kelas VII SMP Neger 1 Islam
Melalui Penerapan strategi DAP .
Published
2020-06-06
Section
Articles